Sampah untuk Deteksi Elpiji Bocor, Juara I

Sumber:krjogja.com - 26 Juni 2013
Kategori:Sampah Luar Jakarta

Tim dari SMA Kristen Pelita Nusantara Kasih Surakarta keluar sebagai juara I Lomba Karya Ilmiah Remaja yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia Institut Sains & Teknologi Akprind Yogyakarta, Selasa (25/6). Dengan demikian tim ini meraih tropi Menteri Lingkungan Hidup dan uang pembinaan Rp 3 juta.

Dalam LKIR untuk siswa-siswi SMA/SMK/MA se-Jawa ini mereka mempresentasikan KIR berjudul "Pemanfaatan Sampah Anorganik sebagai Pendeteksi Kebocoran Gas Elpiji yang Efektif dan Aman".

Untuk juara II diraih tim dari SMAN 1 Sewon Bantul yang mengangkat penelitian berjudul "KAMARADERIE (Pemanfaatan Buah Ketapang sebagai Permen Jelly Kaya Kadar Antioksidan dan Vitamin C yang bernilai. Tim ini mendapat hadiah tropi Gubernur DIY dan uang Rp 2 juta.

Sementara itu tim dari SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta meraih juara III dengan mendapat tropi Walikota Yogyakarta dan uang pembinaan Rp 1 juta. Tim ini menampilkan hasil penelitiannya tentang "Tempat Sampah Pengurai Semi Otomatis.

Sedang juara harapan diraih tim dari SMAN 1 Cilacap yang mengangkat hasil penelitian berjudul "Pemanfaatan Biji Bintari (Cerbera Manghas) sebagai Alternatif Bahan Bakar Biofuel. Tim ini mendapat hadiah Rektor Ist Akrpind dan uang pembinaan Rp 750.000.
Final LKIR ini ditutup Rektor Ist Akprind Ir Sudarsono MT. Upacara penutupan dihadiri pejabat yang mewakili Gubernur DIY dan Walikota Yogyakarta.



Post Date : 26 Juni 2013