Goodbye Kesulitan Air Bersih

Sumber:radarlampung.co.id - 22 April 2013
Kategori:Air Minum

Warga Pekon Lemong, Lemong, Lampung Barat, bisa bernapas lega. Pasalnya, kesulitan mereka mendapatkan air laik konsumsi bakal teratasi. Ini setelah pemerintah pusat menggelontorkan dana sekitar Rp1 miliar melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2013 untuk mendanai pembangunan sarana air bersih (PSAB). Program ini memfasilitasi penyaluran air bersih dari sumber air Way Lemong yang berjarak sekitar 3 kilometer dari pekon tersebut.

Peratin Pekon Lemong Yumansir, S.H. mengatakan, program ini sebenarnya sudah lama diharapkan masyarakat. Karena kondisi geografisnya yang berbatasan langsung dengan laut, sumur warga di Pekon Lemong terasa payau. Terlebih ketika kemarau. Kondisi itu membuat sebagian besar air sumur warga tidak laik konsumsi sejak lama.

’’Rata-rata sumur di sini juga mengandung zat kapur dengan kandungan yang cukup tinggi sehingga tidak bisa dikonsumsi. Selain air yang tidak layak konsumsi, warga juga kesulitan saat hendak membuat sumur. Sebab, dalam kedalaman tiga meter sudah tidak bisa digali lagi lantaran adanya karang besi,’’ ungkap Yumansir kemarin (21/4).

Ia mengungkapkan, harapan masyarakat ini sebenarnya sudah disampaikan sejak lama ke Pemkab Lambar. Namun, baru tahun ini terealisasi. ’’Bantuan yang direalisasikan itu kami harap bisa memiliki kualitas bagus. Sehingga, manfaatnya bisa dirasakan lebih lama,’’ pungkasnya. 



Post Date : 23 April 2013