Sampah Meluber ke Jalinsum

Sumber:Koran Sindo - 25 April 2013
Kategori:Sampah Luar Jakarta
TEBING TINGGI– Keberadaan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Talang Gunung, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empatlawang, semakin semrawut. Bahkan, kini sampah kembali menggunung di pinggir jalan lintas Sumatera (Jalinsum).

Berbagai jenis sampah menumpuk di lokasi tersebut, dari sampah pasar seperti plastik bekas kemasan hingga sampah limbah rumah tangga. Kondisi tersebut sudah sering dikeluhkan pengendara yang melintas di Jalinsum. Namun, sepertinya pihak terkait tidak mengambil pusing mengenai hal tersebut. Seorang warga yang suka memungutbarangbekasdilokasitersebut, Yus, mengatakan, sampah kembali menumpuk dan tidak dibuang ke balik tembok TPA tersebut sekitar sebulan lalu.

Padahal sebelumnya truk dari petugas kebersihan menumpahkan sampah ke balik tembok TPA. “Kalau kami cuma mencari barang yang masih laku dijual saja, sambil menyingkirkan sampah agar tidak bertebaran ke jalan,” kata Yus saat ditanya soal kembali menggunungnya sampah di pinggiran Jalinsum.

Pengamatan di lokasi, kapasitas tempat pembuangan di balik tembok TPA masih sangat banyak. Apalagi lokasi tersebut masuk kategori jurang. Hanya saja petugas kebersihan tidak ingin repot dan hanya membuang sampah di sisi tembok TPA yang berada tepat di pinggir Jalinsum. Sehingga terkadang sampah menjadi bertebaran di jalan raya. Berbagai pihak sudah mendesak, agar lokasi TPA tersebut dipindahkan karena lokasinya dianggap tidak tepat dan tidak representatif.

Sementara itu, pihak Pemerintah Kabupaten Empatlawang menyatakan, saat ini Pemkab Empatlawang sudah menyediakan lokasi baru untuk TPA seluas 6,5 hektare di kawasan jalan poros Tebing Tinggi-Pendopo. Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) Setda Empatlawang M Azhari mengatakan, pihaknya pada 2012 silam sudah melakukan ganti rugi atas lahan tersebut. Jadi, saat ini sudah menjadi milik Pemkab Empatlawang.

Lokasi tersebut akan dijadikan lokasi pembangunan TPA yang baru karena TPA lama sudah dianggap tidak layak, baik secara lokasi maupun kondisi. Apalagi sampah yang dibuang di TPA Talang Gunung tidak dibuang di TPA, tapidipinggirantembok, sehinggabertebarandipinggirjalan. “Sudah diganti rugi dan siap bangun, lokasinya di Km 12 Jalan Poros dan untuk kelanjutan pembangunannya menjadi kewenangan pihak Dinas PU Cipta Karya,” ujar dia.

Terpisah, Camat Tebing Tinggi Alhumaidi Saman menyayangkan masih adanya petugas yang membuang sampah bukan di balik tembok TPA sehingga sampah menumpuk di pinggir jalan. Karena itu, pihaknya sangat mendukung lokasi TPA segera dipindahkan. “Semestinya buangnya di balik tembok, jadi sampah tidak menumpuk di pinggir jalan Jalinsum sepertiitu,” pungkas Alumaidi. irhamudin


Post Date : 25 April 2013