90 Persen PDAM Bermasalah

Sumber:Suara Merdeka - 29 Mei 2006
Kategori:Air Minum
KEBUMEN - Ketua DPD Persatuan Perusahaan Air Minum (Perpamsi) se-Jateng Ir R Agus Sutyoso MSi mengakui, 90 persen PDAM di Indonesia masih bermasalah, sehingga dukungan dana dari Pemkab sangat diperlukan. ''Saya dengar Pemkab Kebumen membantu Rp 500 juta dari APBD tahun ini. Sebenarnya itu masih kurang,'' tandas Agus Sutyoso pada pembukaan Forum Olahraga Bersama PDAM se-Korwil Kedu di aula Pemkab, Sabtu (27/5).

Menurut Agus, tidaklah salah pemerintah daerah setiap tahun membantu PDAM. Sebab, tugas para tukang ledeng makin berat. Apalagi hampir 90 persen Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) mengalami masalah keuangan dan teknis.

Dia mengingatkan, masalah yang menimpa PDAM adalah mendasar, sehingga bukan hanya tanggung jawab perusahaan saja. Pemerintah dan masyarakat harus ikut memikirkan jalan keluarnya. Apalagi air merupakan hal penting dalam kehidupan.

Kebersamaan

Agus pun menandaskan, PDAM tidak hanya bertanggung jawab mengelola air, namun juga harus mampu menyediakan air jernih atau berkualitas. Ketika PDAM mengelola air tidak jernih, berarti telah mewariskan pola pikir yang tak jernih pula bagi generasi mendatang.

Guna menggalang kebersamaan dan persatuan antarpara tukang ledeng, Agus menyambut baik forum olahraga bersama. Namun olahraga tersebut bukan untuk sarana prestasi, melainkan guna memupuk kebersamaan dan komitmen.

''Di tahun ini kami juga mendirikan pusat koperasi PDAM se-Jateng. Ini untuk kepentingan seluruh keluarga besar para tukang ledeng,'' ujarnya.

Direktur Utama PDAM Kebumen Drs Prabowo MM menyatakan, tugas pokok perusahaan adalah menyediakan air. Sebab air merupakan komponen yang paling penting bagi manusia.

Meski begitu, Prabowo mengakui ada tugas berat yang diemban PDAM. Di satu sisi harus mengemban tugas memenuhi kebutuhan air bagi pelanggan dan dituntut mendatangkan pendapatan daerah. Di sisi lain juga berfungsi sosial.

Ketua Panitia Forum Olahraga PDAM se-Kedu Imam Sujaryanto menjelaskan, kegiatan itu diikuti 600 peserta dari PDAM Kebumen, Purworejo, Kota Magelang, Kabupaten Magelang, Temanggung dan Wonosobo.

Forum melombakan bola voli putra dan putri, sepak bola, tenis meja, tenis lapangan, bulu tangkis, catur, serta ekspedisi pop singer. Kegiatan itu bertema ''Dengan Forum Olahraga, Kita Jalin Kebersamaan Guna Meningkatkan Budaya dan Etos Kerja''. (B3-24)

Post Date : 29 Mei 2006