Kecamatan Krisis Air Bersih Teratasi

Sumber:kupastuntas.co.id - 13 Februari 2014
Kategori:Air Minum

Delapan kecamatan di Kabupaten Tanggamus yang selama ini sering mengalami krisis air bersih pada musim kemarau, segera mendapatkan pembangunan fasilitas air bersih.

Dinas Pekerjaan Umum (PU) Tanggamus pada Tahun 2014 ini segera merealisasikan pembangunan fasilitas air bersih di delapan kecamatan itu dengan anggaran senilai Rp7 Miliar. Kedelapan kecamatan itu masing-masing Kecamatan Airnaningan, Kotaagung, Cukuh Balak, Kotaagung Timur, Pulau Panggung, Kelumbayan, Limau dan Sumberrejo.

Kabid Bina Program dan Tata ruang pada Dinas PU Tanggamus, Retno Noviana Damayanti mengatakan, kedelapan kecamatan tersebut bakal segera mendapatkan fasilitas air bersih untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga setempat. "Ada yang akan mendapatkan pembangunan fasilitas, pembangunan jaringan dan ada juga yang mendapatkan pemasangan jaringan air bersih. Seperti di Pekon Sidomulyo, Kecamatan Airnaningan, akan mendapatkan bantuan instalasi pemasangan jaringan air bersih," jelas Retno, Rabu (12/2).

Dikatakan, total anggaran yang telah disiapkan untuk merealisasikan pembangunan fasilitas air bersih di delapan kecamatan sebesar Rp7 Miliar yang bersumber dari dana APBD dan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2014 ini. "Saat ini masih dalam tahapan proses tender. Setelah selesai, barulah proses pelaksanaan dimulai," ungkapnya.

Retno menjelaskan, bantuan fasilitas air bersih yang didapatkan kedelapan kecamatan tersebut berdasarkan pengajuan yang dilakukan oleh kecamatan. "Khusus untuk Pekon Kanyangan, Kecamatan Kotaagung Barat, pembangunan fasilitas air bersihnya belum bisa dilakukan tahun ini. Dinas PU belum pernah menerima adanya pengajuan dari pihak pekon setempat," terangnya.

Ia berjanji, pembangunan fasilitas air bersih untuk Pekon kanyangan, Kecamatan Kotaagung Barat akan diupayakan pada tahun 2014 mendatang. "Pastinya akan kita prioritaskan pada tahun depan. Kita harapkan kepada masyarakat setempat untuk bersabar," imbuhnya.

 



Post Date : 13 Februari 2014