Warga Wowonda Nikmati Layanan Air Bersih

Sumber:ciputranews.com - 5 Mei 2013
Kategori:Air Minum

Warga Desa Wowonda, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) telah menikmati layanan air bersih yang diprogramkan pemerintah pusat untuk membantu kebutuhan air di daerah itu.

"Selama ini kami hanya mengandalkan air sumur yang digali dengan kedalamam tiga hingga lima meter, tetapi sekarang proyek air bersih dari pemerintah yang dibangun tahun lalu sudah bisa kami nikmati," kata Ny. M. Marisembung di Ambon, Sabtu. 

Sebelum proyek air bersih berfungsi, menurut dia, warga sering harus berjalan jauh mencari sumber air yang lebih baik dan layak untuk dikonsumi, terutama saat kemarau yang membuat debit air sumur mengalami penurunan.

Proyek air bersih tahun anggaran 2012 itu berupa pembangunan rumah mesin pompa dan bak penampung di lokasi sumber air dan pemasangan pipa air sampai ke perkampungan warga sejauh lima kilo meter.

Marisembung mengatakan, kepala desa menggunakan beberapa warga yang bertugas setiap hari menjaga fasilitas air bersih yang sudah dibangun, termasuk melakukan pendistribusian air ke rumah-rumah warga setiap dua hari sekali.

"Kami bebas menggunakan air bersih setiap saat dan tidak ada pungutan khusus akhir bulan untuk membayar rekening air karena dikelola langsung oleh pemerintah desa bersama warga," katanya.

Wakil Ketua Komisi C DPRD Maluku Ampy Malioy mengatakan pihaknya telah melakukan agenda pengawasan ke beberapa tempat di Kabupaten MTB, termasuk Desa Wowonda yang menjadi lokasi pembangunan proyek air bersih.

 



Post Date : 06 Mei 2013