Kejar Adipura ke-10, warga Muba belajar kelola sampah

Sumber:sindoneews.com - 14 Juni 2013
Kategori:Sampah Luar Jakarta

Untuk meningkatkan kesadaran warga menjaga kebersihan, Dinas Kebersihan Pertamanan dan Penerangan Lampu Jalan ( DKPPLJ) Kabupaten Muba memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pengelolaan sampah dan kampung hijau untuk menjadikan lingkungan bersih.  

Edukasi diharapkan mampu menghasilkan kader lingkungan untuk sosialisasi kebersihan lingkungan kepada warga. Terlebih Sekayu telah berhasil memperoleh piala Adipura 9 kali berturut-turut. 

Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Musi Banyuasin (Muba), H Yuliansyah saat membuka dengan pembelajaran tentang pengelolaan sampah diharapkan menghasilkan kader lingkungan dan fasilitator yang dapat membina dan memotivasi masyarakat untuk turut berperan aktif menangani persampahan. Dengan demikian diharapkan akan terwujud masyarakat yang  sehat dan sejahtera  di perkotaan maupun di perdesaan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebersihan Pertamanan dan Penerangan Lampu Jalan (DKPPLJ) Muba Yohanes Yubhar menyampaikan, kegiatan edukasi itu diikuti 55 peserta dari 14 kecamatan di Musi Banyuasin.

"Kita berharap dapat mewujudkan lingkungan bersih melalui  pengelolaan sampah dan kampung hijau. Dengan partisipasi aktif dari seluruh masyarakat, khususnya dalam pengelolaan sampah, diharapkan lingkungan hijau yang asri seperti yang kita dambakan akan terwujud secara luas di Muba," ujarnya, Jumat (14/6/2013).

Dia menjelaskan, dengan dipertahankannya piala Adipura hingga 9 kali berturut-turut tantangan kedepan kian kompleks. Sebab, selama ini Kota Sekayu bisa bersih dinilai lantaran berkat jumlah petugas kebersihan yang cukup banyak. Sementara partisipasi masyarakat dinilai masih kurang.

“Kalau kota kita bisa bersih karena banyak petugas , ya wajar. Tapi kalau kota kita bersih karena kesadaran masyarakat, itu belum sepenuhnya berjalan,’’ jelasnya seraya menuturkan petugas kebersihan di Sekayu mencapai 480 orang.



Post Date : 17 Juni 2013