PDAM Depok Kucurkan Air Siap Minum

Sumber:suarakarya-online.com - 19 Agustus 2013
Kategori:Air Minum

Program air perpipaan yang bisa langsung diminum telah direalisasikan PDAM Tirta Asasta Kota Depok. Realisasi program itu dimulai di kawasan Balai Kota Depok. Di sana PDAM telah membuat tiga titik air sebagai sumbernya.

Tiga titik air tersebut terdapat di halaman Masjid Balai Kota, di gedung Balai Kota, dan di halaman parkir Gedung Baleka.

Direktur Utama PDAM Tirta Asasta Muhammad Kholik mengatakan, PDAM menerapkan konsep reverse osmosis (RO) dalam program air perpipaan yang siap minum ini. Dengan konsep itu, air yang diperoleh dari sumbernya dialirkan ke instalasi RO. Di sini semua bakteri dihilangkan sehingga air layak untuk langsung diminum. Selain itu, PDAM pun telah melakukan uji laboratorium. Hasilnya, menurut dia, sudah sesuai dengan standar layak diminum langsung.

Dengan adanya titik air itu di Balai Kota, Wali Kota Nur Mahmudi Ismail di Depok kemarin berharap akan makin memberi kenyamanan warga yang mengurus kepentingannya di sana. Ke depan, PDAM harus bersiap-siap untuk menyediakan jaringan serupa di beberapa tempat pelayanan lainnya. "Air minum yang bisa langsung diminum ini sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," katanya.

Terkait dengan rasa air minumnya, Wali Kota mengatakan bahwa rasa airnya sudah sesuai. PH yang dicapai di tengah-tengah yaitu sekitar 7. Untuk PH air minum yang sesuai standar kesehatan adalah 6,5--8,5.

"PH sumber air minum langsung ini sudah layak untuk diminum. Akan tetapi, kalau memang bisa, PH-nya dinaikkan sedikit, biar lebih adem rasanya," katanya.

Pelayanan air minum gratis itu akan beroperasi selama 24 jam dan nanti akan hadir di sentra-sentra pelayanan publik. Masyarakat bisa memanfaatkan sumber air minum itu dengan baik.

 



Post Date : 19 Agustus 2013