Setiap Minggu, CFD Solo Hasilkan Tiga Ton Sampah

Sumber:suaramerdeka.com - 4 Juni 2013
Kategori:Sampah Luar Jakarta

Penyelenggaraan Car Free Day (CFD) di Jalan Slamet Riyadi, Solo, setiap Minggu pagi, ternyata menyisakan sampah yang tidak sedikit.


Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) mencatat, sedikitnya tiga ton sampah berupa plastik, sisa makanan dan kertas selebaran, memenuhi area penyelenggaraan kegiatan bebas kendaraan bermotor itu.


“Untuk membersihkan sampahnya saja kami membutuhkan waktu hingga empat jam, dengan mengerahkan 20 personil tukang sapu dan 20 tukang angkut sampah,” ungkap Kepala DKP, Hasta Gunawan, Selasa (4/6).


Sebagian besar sampah tersebut, lanjut dia, dihasilkan pengunjung CFD. Hasta mengakui, banyaknya sampah yang berserakan pasca-CFD itu juga disebabkan minimnya sarana tong sampah di Jalan Slamet Riyadi, terutama di kawasan city walk.


"Tidak sedikit tong sampah di sepanjang city walk rusak atau bahkan hilang. Mungkin ada tangan-tangan jahil yang merusak fasilitas itu," katanya.


Karena itu, DKP berencana menggelar sayembara desain tong sampah antimaling, untuk mengganti fasilitas penampungan sampah yang hilang.


Sementara itu, Kepala Dinas Pengelolaan Pasar (DPP), Subagiyo, mengeluhkan perilaku pedagang kaki lima (PKL) CFD yang selalu meninggalkan sampah usai berjualan.


Tak heran, DPP berniat memperketat pengawasan kepada para PKL agar mau membersihkan lokasi jualannya dari sampah, usai kegiatan.

 



Post Date : 05 Juni 2013