Nunukan Peroleh Bantuan Sarana Air Bersih

Sumber:antaranews.com - 9 Juli 2013
Kategori:Air Minum

Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, memperoleh bantuan sarana dan prasarana penyediaan air bersih dari pemerintah pusat melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan 2013. 

Kepala Seksi Tata Ruang dan Konservasi Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Nunukan Djannati Pannus di Nunukan, Selasa, membenarkan bantuan penyediaan sarana prasarana air bersih tersebut dari Dirjen Kelautan, Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (KP3K) Kementerian Kelautan dan Perikanan RI. 

Ia menyatakan, surat yang diterima dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI nomor B.301/KP3K.4/VII/2013 tertanggal 1 Juli 2013 bahwa bantuan penyediaan sarana prasarana air bersih dengan menggunakan bahan baku air laut melalui APBNP 2013.

"Jadi surat dari Dirjen KP3K Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, baru pemberitahuan bahwa ada dana APBN perubahan akan membangun penyediaan sarana prasarana air bersih di Kabupaten Nunukan," ungkap Djannati Pannus.

Namun dia mengaku belum mendapatkan informasi soal nilai anggaran untuk itu tetapi kemungkinan besar yang akan diterima langsung dalam bentuk barang.

Berdasarkan surat pemberitahuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, Pemkab Nunukan dalam hal ini Dinas Kelautan dan Perikanan diharuskan membuat surat pernyataan sesuai dengan format yang dikirimkan dari Jakarta tersebut.

Selain itu, Pemkab Nunukan juga diminta untuk menyediakan lokasi pembangunan penyediaan sarana air bersih yang dimaksudkan dan telah dilakukan survei sehingga kemungkinan besar akan ditempatkan di Mamolo Kelurahan Tanjung Harapan Kecamatan Nunukan Selatan, kata dia.

"Nilai anggarannya tidak dijelaskan disini (surat) karena kemungkinan kita cuma menerima dalam bentuk barang saja," katanya.

Sarana prasarana air bersih ini nantinya, lanjut Djannati akan dikelola oleh sebuah kelompok masyarakat tapi kemungkinan pemerintah pusat tetap menyediakan biaya operasional dan pemeliharaan.

Mengenai pengaliran air laut tersebut, dia memperkirakan menggunakan sistem pipanisasi yang dialirkan pada sebuah wadah pemprosesan sebelum dialirkan ke rumah-rumah penduduk sekitarnya. 

Pemilihan Mamolo sebagai lokasi pembangunan sarana prasarana air bersih tersebut, Djannati menilai sangat layak karena permukiman padat penduduk dan belum memiliki sarana air bersih.



Post Date : 10 Juli 2013