Kapal Pembersih Sampah Pantai Butuh Rp 18 Miliar

Sumber:tempo.co - 27 Mei 2013
Kategori:Sampah Jakarta

Dinas Kebersihan DKI Jakarta menganggarkan dana Rp 18 miliar untuk mengangkut sampah di pesisir pantai Jakarta. Dengan dana itu, Dinas akan membeli setidaknya 10 kapal pengangkut sampah.

"Rencana ini belum detail. Namun, kami ingin secepatnya ada kapal untuk mengangkut sampah," kata Kepala Unit Pelayanan Kebersihan Pesisir dan Pantai Dinas Kebersihan, Budhi Karya, di Balai Kota Jakarta, Senin, 27 Mei 2013.

Ia mengatakan, kapal yang diperlukan untuk mengangkut sampah antara lain satu kapal kargo, satu kapal patroli, satu kapal khusus berkecepatan tinggi, dan 5-10 kapal palka. Satu kapal diperkirakan seharga Rp 1-2 miliar.

Sampai sekarang, Dinas memiliki empat kapal, satu di antaranya kapal kargo yang kondisinya sudah rusak. Jumlah itu pun dinilai tidak cukup untuk mengangkut seluruh sampah, yang terbentang sepanjang pesisir pantai dan hutan mangrove. "Pesisir pantai yang mesti dibersihkan sepanjang 33 kilometer, ditambah lagi dengan hutan mangrove yang lebarnya saja mencapai 3 kilometer," ujar Budhi.

Sekali angkut, kapal ini hanya bisa membawa sekitar 22 meter kubik. Dengan hanya tiga kapal yang berfungsi sampai sekarang, sampah pun banyak yang tidak terangkut bahkan menjadi timbunan. "Diperkirakan sampah bertambah di sekitar pesisir mencapai 40 ton. Yang bisa terangkut hanya sekitar 28 ton per hari," katanya.

Karena itu, peran masyarakat untuk mengurangi sampah di sekitar pesisir pantai sangat penting. Saat ini, sejumlah perusahaan pun berupaya membersihkan sekitar pantai. "Misalnya, Ancol sudah ingin membersihkan 500 meter ke laut. Begitu pula perusahaan, seperti PT Pelindo, Boga Sari, dan PT Asahi Mas. Ketiganya ingin membersihkan sekitar 15-20 kilometer," katanya.

Selain itu, ia berencana membuat alat yang dapat secepatnya membersihkan pesisir pantai dan hutan mangrove dari sampah. Sampai sekarang, rencana tersebut masih dianalisis. "Apakah nantinya alat yang bisa langsung menyodok atau menyedot sampah, tergantung analisisnya," ujarnya.



Post Date : 28 Mei 2013