79 Desa di Pekalongan Mengalami Krisis Air

Sumber:Suara Pembaruan - 01 Agustus 2007
Kategori:Air Minum
[PEKALONGAN] Sedikitnya 79 desa di 14 kecamatan di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah (Jateng), sampai akhir Juli ini mengalami krisis air bersih yang cukup berat. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pekalongan tidak mampu lagi membiayai pengiriman air bersih untuk warganya. Pemkab minta bantuan air sebanyak 1.821 tangki air bersih kepada pemerintah provinsi.

Mahmudi (40), wara Desa Luragung, Kecamatan Kandangserang, Kabupaten Pekalongan mengatakan, para penduduk di desanya kini harus mencari air bersih sampai berkilo- kilometer jauhnya karena sumber air sudah mengering.

Kepala Kantor Kesbanglinmas Kabupaten Pekalongan, Agus Arifin mengatakan, ke-79 desa tadi tersebar di Kecamatan Sragi, Siwalan, Bojong, Kandangserang, Wonokerto, Paninggaran, Kesesi, Doro, Lebakbarang, Wiradesa, Kajen, Pertungkriyo, dan Talun.

Mereka yang menderita kekurangan air bersih saat ini sudah mencapai 64.099 keluarga yang terdiri dari 246.368 jiwa. "Kami berharap dana bantuan air bersih dari gubernur segera turun," kata Agus.

Paling Rawan

Kecamatan yang paling rawan adalah Kesesi yang saat ini sudah 11 desa yang kekeringan, dan warga kekurangan air bersih.

Sementara itu, kekeringan serupa juga terjadi di Kabupaten Batang yang terletak di sebelah timur Pekalongan. Di Batang, kekeringan mengancam ribuan hektare sawah petani. Berbagai upaya telah dilakukan untuk menyelamatkan tanaman padi mereka antara lain dengan menggunakan pompa air dan sumur pantek karena air irigasi dan sungai sudah tidak bisa disedot lagi.

Para petani mengatakan, untuk pembuatan sumur pantek, dibutuhkan biaya sampai Rp 500.000 untuk sawah seluas 0,5 hektare (ha). Untuk satu hektare sawah dibutuhkan dua buah sumur pantek. Padahal biaya produksi pengolahan sawah sudah mencapai Rp 3,5 juta per ha.

Berarti kalau ditambah biaya pembuatan dua sumur bor sebesdar Rp 1 juta menjadi Rp 4,5 juta per ha. Tambahan biaya ini cukup memberatkan petani. [WMO/M-11]



Post Date : 01 Agustus 2007