'Perang Kota' Bersihkan Sampah

Sumber:krjogja.com - 12 Juni 2013
Kategori:Sampah Luar Jakarta

Panglima Kodam IV Diponegoro Mayor Jenderal TNI Sunindyo menginstruksikan kepada seluruh satuan jajaran Kodam IV Diponegoro dari Koramil, Korem hingga Batalyon Organiknya untuk melaksanakan kegiatan pembersihan lingkungan yang diwujudkan dalam kegiatan 'Diponegoro Bersih'. Kegiatan secara serentak melibatkan ribuan anggota TNI dibantu Polri dan masyarakat tersebut akan dicanangkan Jumat, 14 Juni 2013 besok di Lapangan Pancasila, Simpanglima Semarang.

"Hal ini merupakan tindaklanjut dari Gerakan Indonesia Bersih yang dicanangkan oleh Presiden RI, DR Susilo Bambang Yudhoyono. Gerakan “Diponegoro Bersih,” ini mengambil tema Melalui Kegiatan Diponegoro Bersih Kita Wujudkan Wilayah Kodam IV/Diponegoro yang Bersih, Hijau dan Sehat," ungkap Mayjen TNI Sunindyo, Rabu (12/06/2013).

Pelaksanaan 'Diponegoro Bersih', Kodam IV Diponegoro kerjasama dengan semua elemen pemerintah, Polri, ormas, LSM, masyarakat dan media. Dalam kegiatan bersih lingkungan ini akan mengerahkan 16.378 orang yang terdiri dari TNI 4.433 orang, Polri 1.000 orang dan komponen masyarakat 10.945 orang. Kegiatan kebersihan tersebut tersebar dalam 16 sektor sasaran di wilayah Semarang. 

Gerakan 'Diponegoro Bersih' merupakan upaya untuk menggerakkan seluruh lapisan masyarakat, agar memiliki sikap peduli terhadap budaya hidup bersih. Selain itu, gerakan ini juga mengingatkan sebagian masyarakat yang masih belum sadar arti kebersihan. Kebersihan merupakan kunci untuk menciptakan Kota Semarang nyaman dan sehat.

Kegiatan 'Diponegoro Bersih' ini menurut Pangdam IV Diponegoro akan berlanjut dan berkesinambungan di seluruh wilayah Kodam IV Diponegoro. Selain Kota Semarang, sasaran lain adalah Kota Surakarta, Yogyakarta dan Purwokerto.
Ditambahkan oleh Asisten Teritorial Kasdam IV Diponegoro Kolonel Arh Nuruddin, bahkan pembersihan lingkungan menggunakan konsep seperti perang perkotaan, dimana semua komponen termasuk masyarakat 'berperang' di sektor membersihkan musuh bernama sampah.

"Selain tujuan akhirnya nanti menjadikan lingkungan bersih, juga akan terjalin sinergitas yang baik dari seluruh komponen yang terlibat," tambah Asisten Teritorial.



Post Date : 13 Juni 2013