Pamsimas Bantu Warga Desa Sugihwaras Nikmati Air Bersih

Sumber:megapos.co - 15 Desember 2014
Kategori:Air Minum
Berkat program Pamsimas (Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat), warga Desa Sugihwaras Kecamatan Ngluyu kini sudah bisa menikmati air bersih. Sebelumnya jika musim kemarau tiba warga desa itu kesulitan mendapatkan air bersih. Saat ini sedikitnya ada 450 KK yang akan mendapatkan pelayanan air bersih hingga menjangkau rumah mereka.

Kepala Desa Sugihwaras, Setyawan Abadi mengungkapkan program Pamsimas di Desa Sugihwaras menggunakan sumur gali tepatnya di Dusun Bangle. Air sumur dipompa ke menara bak penampung kemudian didistribusikan kepada masyarakat menggunakan pipa dengan total panjang kurang lebih 1.000 meter dan bisa menjangkau di empat dusun yaitu dusun Cabean, Bangle, Jonggan dan Semen.

Menurut Setyawan Abadi, sarana yang telah dibangun itu selanjutnya dikelola dan dipelihara oleh masyarakat sendiri dengan membentuk BP SPAMS (Badan Pengelola Sistem Penyediaan Air Minum dan Sanitasi). Selain air bersih, tambahnya, Pamsimas juga memfasilitasi ketersediaan sarana sanitasi. “Melalui program Pamsimas ini, akan dibangun dua unit MCK sekolah masing-masing di SDN Sugihwaras 1 dan SDN Sugihwaras 2, dan 6 unit tempat cuci tangan sekolah masing-masing di SDN Sugihwaras 1 dan SDN Sugihwaras 2,” terang Setyawan.

Setyawan berharap, kehadiran program PAMSIMAS di Desa Sugihwaras ini bisa memberikan dampak positif terhadap masyarakat Desa Sugihwaras dengan harapan melalui proses berjalannya program ini, mampu meningkatkan perilaku hidup yang bersih dan sehat.

Dalam kesempatan tersebut, Setyawan atas nama Pemerintah Desa Sugihwaras mengucapkan terima kasih kepada pemerintah melalui Dinas PU Cipta Karya Tata Ruang Daerah Kabupaten Nganjuk yang telah memberikan kesempatan kepada Desa Sugihwaras untuk menerima program Pamsimas ini.

Post Date : 16 Desember 2014