Dewan Sepakat Bangun IPAM Baru

Sumber:surabayapost.co.id - 12 Agustus 2013
Kategori:Air Minum

Kalangan DPRD Surabaya meminta PDAM Surya Sembada segera mengambil sikap terkait rencana penggunaan air Umbulan. Sebab, sampai sekarang belum ada kepastian kapan proyek tersebut akan dimulai. Sementara, seperti diberitakan sebelumnya Instalasi Penjernihan Air Minum (IPAM) yang dimiliki PDAM Surabaya tidak lagi mampu menerima pelanggan baru di tahun 2015 nanti.

“Mungkin untuk saat ini Surabaya masih kelebihan produksi air minum yang dipasok ke warga kota, tapi dalam kurun waktu 3-5 tahun ke depan pasti kebutuhan air minum akan terus meningkat. Nah, atas kondisi itu, kami meminta PDAM agar tidak berharap 100 persen  ke Umbulan yang proyeknya belum ada kepastiannya,” Tri Setija Puruwita, Wakil Ketua Komisi B DPRD Surabaya, Senin (12/8).

“Kami minta PDAM membangun IPAM baru, yaitu Karangpilang IV. Intinya, kami di Komisi B DPRD Surabaya mendukung penuh untuk masalah ini. Jangan menunggu air dari Umbulan yang belum ada kepastian mengalir atau tidaknnya,” imbuhnya.

Menurutnya, menunggu air Umbulan sudah tentu membosankan dan kadang membingungkan. Apalagi, kebijakan pengadaan air Umbulan melibatkan banyak pihak mulai dari Pemerintah Pusat dan Provinsi serta lainya. Belum lagi apakah pasokan air Umbulan bisa memenuhi harapan atau tidak. Makanya, tambah dia, lebih baik PDAM bangun IPAM Karangpilang IV untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga kota Surabaya pasca 2015 mendatang.

Dia menambahkan, Komisi B akan siap mendukung dan menyetujui usulan pendanaan pembangunan Karangpilang IV, jika pembangunannya harus didiukung oleh APBD Kota Surabaya. Tapi, kalau PDAM memiliki uang sendiri dan bisa digunakan untuk membangun IPAM Karangpilang IV, maka hal itu akan lebih baik.

Bagaimanapun juga, lanjutnya, ketergantungan masyarakat kota Surabaya sekarang ini atas air PDAM cukup tinggi setelah air tanah di wilayah kota Surabaya sudah bercampur dengan air laut atau ter-interusi. Sehingga tidak salah jika PDAM membangun IPAM sendiri. Apalagi melihat besarnya manfaat air bersih dari PDAM bagi masyarakat kota Surabaya.

Sementara, PDAM Surya Sembada Kota Surabaya siap membangun IPAM Karangpilang IV. Hal ini sebagai langkah antisipasi dari tidak adanya kepastian pasokan air bersih dari Umbulan Pasuruan hingga akhir Tahun 2013 ini.

Direktur Utama PDAM Surya Sembada Kota Surabaya, Ashari Mardiono mengatakan, rencana membangun IPAM Karangpilan IV tersebut karena pihaknya tidak mau tersandera dengan rencana pasokan air dari Umbulan. Ini setelah sampai pertengahan tahun 2013 tidak ada tanda-tanda pasokan air dari Umbulan ke Surabaya bakal direalisasi.

“Kami ditarget sampai tahun 2018 untuk bisa memenuhi kebutuhan air bersih untuk 100 persen penduduk kota Surabaya. Jika sampai tahun depan tidak ada pasokan air bersih tambahan ke PDAM bisa dipastikan PDAM tidak bisa memenuhi target layanan air bersih menjangkau 100 persen penduduk kota Surabaya,” kata Ashari.

Dijelaskan Ashari, saat ini PDAM untuk bisa melayani kebutuhan air bersih masyarakat kota Surabaya memanfaatkan sejumlah IPAM. Di antaranya IPAM Karangpilang I hingga III dan IPAM di Ngagel I dan III dengan memanfaatkan air sungai Kalimas.

Hingga sekarang ini, jumlah pelanggan PDAM di kota Surabaya telah mencapai sekitar 500 ribu pelanggan dengan cakupan layanan mencapai 83,51 persen penduduk di kota Surabaya dengan produksi air bersih mencapai 9.339 liter per detik.

“Pada tahun 2015, diharapkan cakupan layanan PDAM bisa naik menjadi sekitar 90 persen dan pada akhirnya di tahun 2018 nanti cakupan layanan air bersih dari PDAM bisa mencapai 100 persen,” katanya.

Mengenai investasi untuk membangun IPAM Karangpilang IV, menurut Ashari, pihaknya belum bisa memprediksi. Namun jika melihat investasi pembangunan IPAM Karangpilang III pada tahun 2010 lalu yang menelan investasi hingga Rp 173 Miliar maka bisa dipastikan investasi untuk membangun Karangpilang IV tahun depan pastilah akan lebih besar lagi.

“Namun yang jelas untuk kepentingan investasi tersebut sudah tersedia semua, tinggal menunggu persetujuan dari Walikota Surabaya sebagai pemilik PDAM Surya Sembada maka proyek pembangunan IPAM Karangpilang IV bisa direalisasi mulai tahun depan,” tutur Ashari.

 



Post Date : 12 Agustus 2013