760 Rumah Tergenang di Cilacap

Sumber:Suara Pembaruan - 07 November 2008
Kategori:Banjir di Luar Jakarta

[CILACAP] Hujan yang turun sejak Rabu (5/11) hingga Kamis (6/11) malam mengakibatkan banjir di sejumlah desa di Kecamatan Gandrungmangu, Kabupaten Cilacap, Jateng. Terlihat sampai Jumat (7/11) pagi desa-desa tersebut masih terendam banjir.

Akibat banjir dengan ketinggian 50 - 100 sentimeter (cm) itu tercatat 760 rumah di desa-desa seperi Desa Cisumur (315 rumah), Desa Layansari (250 rumah), Desa Sidaurip (125 rumah), dan Desa Gintungreja (90) rumah terendam. Selain rumah yang terendam, sekitar 755 hektare (ha) sawah terendam, yang tersebar di desa-desa, Cisumur, Sidaurip, Gintungreja, Gandrungmanis, Wringinharjo, dan sekitarnya.

"Tak ada korban jiwa dalam musibah ini. Hanya saja ribuan jiwa harus diungsikan," kata Kepala Kantor Kesbanglinmas Kabupaten Cilacap, Yayan Rusyawan kepada SP Jumat (7/11) pagi.

Bupati Cilacap Probo Yulastoro telah memerintahkan agar bantuan pangan segera dikirim. "Pokoknya, jangan sampai pengungsi kelaparan," ujarnya.

Diimbau masyarakat mewaspadai musim hujan ini, mengingat Cilacap memiliki beberapa wilayah yang rawan banjir dan longsor seperti di Kecamatan Sidarejo, Karangpucung, Adipala, Nusawungu, dan Maos. [WMO/M-11]
 



Post Date : 07 November 2008