Aksi Bersih Pantai Pangandaram, Tiga Jam Kumpulkan Sembilan Kontainer Sampah

Sumber:pikiran-rakyat.com - 10 April 2013
Kategori:Sampah Luar Jakarta

Warga dari berbagai elemen masyarakat daerah otonom baru (DOB) Kabupaten Pangandaran bersama-sama melakukan aksi bersih pantai. Aksi simpatik yang berlangsung di Pantai Barat dan pantai Timur Pangandaran itu sebagai bentuk keprihatinan atas banyaknya sampah yang bertebaran di sekitar kawasan pariwisata pantai Pangandaran.

Berbagai elemen masyarakat Pangandaran yang tergabung dalam wadah PHRI, Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI), Himpunan Perahu Pesiar Pangandaran, Balawista Pangandaran, Komite Destination Management Organization (DMO), bersama dengan aparat Kecamatan Pangandaran, Polsek Pangandaran, Koramil Pangandan bahu membahu membersihkan pantai. Tidak ketinggalan pelajar dari seluruh SMA dan SMK yang ada di Pangandran juga ikut terjun langsung memunguyti sampah yang bertebaran di pantai.

Hanya dalam kurun waktu sekitar tiga jam, mereka berhasil mengumpulkan sembilan kontainer sampah. Terdiri dari 40 persen sampah anorganik dan 60 persen sampah Selanjutnya sampah tersebut dibuang ke TPA Purbahayu.

"Ternyata apa yang kami lakukan itu mendapatkan sambutan sangat luar boiasa dari seluruh elem,en masyarakat. kami dapat menyimpoulkan bahwa seluruh wargfa masyarakat juga menghendaki kawasan Pangandaran bersih. Apa yang kami lakukan mendapat sambutan positif," tutur Sekretaris Kecamatan Pangandaran Haryono, Selasa (9/4).

Dia mengatakan hasil positif lain dari kegiatan bersih pantai tersebut juga disepakati adanya pembagian wilayah kebersihan. Dalam arti setiap kelompok atau elemen tersebut memiliki tanggung jawab terhadap daerah yang dikelolanya. "Lokasi tersebut menjadi tanggung jawab kelompok. Bisa saja tempat tersbeut ditanami dengan tanaman penghijauan dan lainnya. yang penting bersih dan indah. terus terang saya kagum dengan kebersamaan itu," katanya.



Post Date : 10 April 2013