Siapkan Air Bersih, Gresik Gandeng Korea

Sumber:surabayapagi.com - 10 Juli 2013
Kategori:Air Minum

Untuk mengantisipasi lonjakan kebutuhan air bersih masyarakat dan kalangan industri, Pemkab Gresik mulai menggandeng K-water Consortium dari Korea. Perusahaan BUMN penyedia air bersih di Negeri Ginseng akan bekerjasama dalam penyediaan air sebesar 2.000 liter per detik.

Menurut Sekda Gresik Moch. Nadjib, bahan baku air yang akan diolah pihak K-water berasal dari aliran Sungai Bengawan Solo yang ditampung melalui Bendung Gerak Sembayat (BGS) yang kini tengah dibangun. Bila proyek ini rampung, maka kebutuhan air bersih bagi masyarakat Kecamatan Manyar, Bungah dan sekitarnya bakal tercukupi. “Beberapa waktu lalu pihak K-water telah melakukan survei untuk menyusun pra-feasibility study (FS),” ucap Nadjib.

Kepada perwakilan K-water, Bupati Gresik Sambari Halim Radianto menjelaskan bahwa masih banyak perusahaan di wilayahnya menggunakan air bawah tanah (ABT) untuk memenuhi kebutuhannya, padahal kualitas airnya masih di bawah standar kelayakan. “Sehingga kami masih sangat membutuhkan air bersih yang layak melalui masuknya investor lebih banyak lagi,” ujar Sambari saat menerima tamunya kemarin.

Menanggapi permintaan Bupati Gresik, pihak K-water yang diwakili Mr. Park Won Cheol menyatakan optimistisnya untuk merealisasikan kerjasamanya dengan Pemkab Gresik. Apalagi pihak pemkab sudah menyanggupi kemudahan pengurusan izin dan amdal.



Post Date : 11 Juli 2013