Tanggamus Gulirkan Bantuan Pamsimas

Sumber:kupastuntas.co.id - 27Januari 2014
Kategori:Air Minum
Untuk menciptakan masyarakat Tanggamus yang bersih dan sehat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanggamus melalui Badan Perencanaan, Pembangunan Daerah (Bappeda) Tanggamus menggulirkan Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis masyarakat (Pamsimas) 2014.


Kepala Bappeda Tanggamus, Herman Hermawan menjelaskan, anggaran untuk mendukung program Pamsimas tahun 2014 mencapai Rp2,2 Miliar yang bersumber dari APBN 2014 senilai Rp1,760 Miliar ditambah dana sharing dari APBD Tanggamus 2014 sebesar Rp440 juta.

"Program Pamsimas merupakan salah satu program dari Millennium Development Goals (MDG's). Program ini akan diterapkan untuk 10 pekon yang tersebar pada 6 kecamatan di Tanggamus yang memang belum memiliki sarana air bersih," ujar Herman, Minggu (26/1).

Dikatakan, dari kesepuluh pekon tersebut, diantaranya Pekon Karangrejo, Datarajan dan Petai Kayu, Kecamatan Ulubelu. Kemudian, Pekon Sumbermulya, Kecamatan Pulau Panggung, Pekon Wayhalom, Kecamatan Gunung Alip, Pekon Semandar dan Waypring, Kecamatan Pugung, serta Pekon Sidomulyo, Kecamatan Airnaningan didanai oleh APBN.

Selanjutnya, dua pekon lagi adalah Pekon Tegal Binangun, Kecamatan Sumberrejo dan Pekon Kayuhubi, Kecamatan Pugung yang didanai dana APBD Tanggamus yang masing-masing pekon akan menerima dana sekitar Rp220 Juta. "Kesepuluh pekon tersebut dipilih berdasarkan hasil survey dan analisis data jumlah penduduk," terangnya. Ditambahkan, bantuan tersebut nantinya untuk membuat jamban umum, perbaikan saluran air, pemasangan pipa air bersih yang disambungkan ke rumah warga dan bak penampungan air.



Post Date : 27 Januari 2014