Semarang Siapkan Raperda Atur Drainase

Sumber:antaranews.com - 5 April 2013
Kategori:Drainase
Pemerintah Kota Semarang tengah menyiapkan rencana peraturan daerah tentang Rencana Induk Sistem Drainase untuk mengatasi banjir dan rob.

"Raperda ini dimaksudkan untuk lebih menata drainase dan memberikan payung hukum karena banjir dan rob di Semarang membutuhkan penanganan serius," kata Plt Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi di Semarang, Jumat.

Plt Wali Kota Semarang menegaskan bahwa peraturan tersebut memiliki kesinambungan dengan seluruh mega proyek yang sudah berjalan seperti pembangunan Waduk Jatibarang, polder, dan normalisasi sungai.

"Seluruh perencanaan dan pelaksanaan yang menyangkut drainase yang ada di Kota Semarang baik primer maupun sekunder nantinya akan diatur," katanya.

Tidak hanya peran pemerintah, tetapi kewajiban dan hak masyarakat juga akan detail diatur dalam raperda rencana induk sistem drainase tersebut.

Kepala Bidang Perencanaan Pengembangan Wilayah dan Infrastruktur Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Semarang, Purnomo Dwi menambahkan bahwa naskah akademik dari raperda tersebut sudah ada.

"Setelah dibentuk panitia khusus raperda, maka bisa langsung dilakukan pembahasan dan targetnya tahun ini raperda ini dapat disahkan," katanya.

Post Date : 08 April 2013