Perempuan Penting dalam Pengelolaan Sampah

Sumber:tribunnews.com - 21 April 2013
Kategori:Sampah Luar Jakarta
Wakil Wali Kota Medan Dzulmi Eldin dan Sekda Syaiful Bahri menghadiri deklarasi Aku Perempuan Peduli Lingklungan (APPEL) Sumut di Taman A Yani, Jalan Sudirman Medan, Minggu (21/4).

 Hadir dalam kesempatan tersebut, unsur forum koordinasi pimpinan daerah Provinsi Sumatera Utara dan Kota Medan, Konsul Amerika Kathryn T Crockart, Anggota DPD RI asal Sumut Parlindungan Purba, Ketua BKOW Sumut, tokoh Perempuan Sumut Prof Dr Ir Darmayanti Lubis, Ketua MUI Medan Prof DR M Hatta, ibu-ibu peduli lingkungan dan para anggota Karang Taruna Kota Medan.

Dzulmi Eldin mengatakan, volume sampah di Kota Medan ini setiap harinya mencapai  2.000 ton. Dalam hal ini perempuan dianggap penting dalam mengendalikan sampah.

“Kami selalu ingatkan kepada kita semua bahwa kepedulian itu sangat diharapkan, termasuk para kaum perempuan Kota Medan,” ujarnya.

Penggagas APPEL, Dewi Budiarti, mengatakan, APPEL ditujukan agar perempuan memahami dan lebih peduli tentang arti lingkungan bersih melalui lingkup terkecil yakni dari keluarga. Selain deklarasi APPEL ini, nantinya juga akan dibentuk Komunitas Pemuda Peduli lingkungan di kelurahan.

“Saat ini kita sudah mengenal biopori, bank sampah, kompos dan lainnya dan kita sudah berkolaborasi dengan pemerintah untuk menyelamatkan bumi. APPEL dibentuk karena peran perempuan sangat penting,” ujar Dewi.


Post Date : 22 April 2013