716 Rumah Belum Tersentuh Pengadaan Penampung Air

Sumber:Kompas - 14 Juni 2007
Kategori:Air Minum
Ende, Kompas - Target pengadaan penampung air hujan atau PAH di tujuh desa di Kecamatan Pulau Ende, Kabupaten Ende, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, sampai saat ini belum terpenuhi. Sebanyak 716 rumah belum tersentuh program tersebut.

Target pengadaan PAH adalah 1.458 unit, yaitu sesuai dengan jumlah rumah penduduk di pulau yang berada di perairan Laut Sawu itu. Akan tetapi, dari pelaksanaan program pada tahun 2006, yang terealisasi baru 742 unit di empat desa, yakni Aejeti, Puutara, Rorurangga, dan Paderape.

Dari empat desa itu, satu desa di antaranya belum mendapatkan penampung air hujan secara utuh. Di desa tersebut masih 113 rumah yang belum mendapat PAH. Rencananya, kekurangan itu akan dipenuhi dalam program lanjutan tahun ini bersama 603 unit untuk tiga desa. Ketiga desa itu adalah Ndoriwoy, Randoraterua, dan Redodory.

"Ditargetkan tahun ini pengadaan PAH tuntas menjangkau semua desa di Pulau Ende. Diperkirakan, sekitar Oktober 2007 nanti dana bantuan dari Unicef turun," ujar Penanggung Jawab Operasional Kegiatan Dinas Kesehatan Kabupaten Ende Petrus H Djata, Rabu (13/6) di Ende.

Kendala

Menurut Djata, kendala pembangunan PAH itu selain lahan warga terbatas, juga pengiriman dana dari pusat yang terlambat. Selain itu, dana untuk memenuhi seluruh kebutuhan material nonlokal pun kurang. Demikian pula komponen PAH lainnya, seperti talang, pegangan dan penyambung talang, keran air, pipa penguras, pipa peluap, dan pipa ikat.

Program pengadaan PAH itu mendapat dana bantuan dari Badan Perwakilan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Anak-Anak (Unicef). Pengadaan tiap unit PAH dianggarkan Rp 1.462.500 per unit, yang dikerjakan dengan partisipasi warga. Anggaran per unit itu sudah dinaikkan dari sebelumnya yang hanya Rp 1.120.500. (SEM)



Post Date : 14 Juni 2007