TPA Kaliori Mulai Diuji Coba

Sumber:Suara Merdeka - 18 Juni 2013
Kategori:Sampah Luar Jakarta
PURWOKERTO - Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kaliori yang sudah selesai dibangun mulai diuji coba. Hal itu untuk mengetahui kesiapan dari TPA yang dibangun untuk menggantikan TPA Gunung Tugel yang kondisinya sudah overload.

’’Beberapa hari lalu tim satker dari provinsi datang dan melakukan uji coba terhadap TPA Kaliori dengan cara mengalihkan sampah dari zona III untuk dibuang ke zona I,’’ kata Satrio Kawarno, kasi Kebersihan Dinas Cipta Karya Kebersihan dan Tata Ruang (DCKKTR) Kabupaten Banyumas, baru-baru ini.

Kendati demikian, lanjut dia, pihaknya belum dapat memastikan kapan tempat pembuangan sampah tersebut akan resmi dioperasikan. Dinas akan menunggu perkembangan dari hasil uji coba tersebut. Pasalnya, setelah uji coba masih akan dilakukan evaluasi untuk mengetahui kemungkinan kekurangan yang ada.

Dia menambahkan, bila TPA Kaliori resmi beroperasi tidak tertutup kemungkinan TPA Gunung Tugel akan ditutup. ’’Lebih baik menunggu perkembangan dari yang di Kaliori dulu,’’ jelasnya.

Kawasan Hijau

Perlu diketahui, Pemkab Banyumas pernah berencana akan menutup TPA Gunung Tugel dengan alasan kondisinya sudah overload.  Sistem pengolahan di lokasi tersebut juga masih tradisional. Rencananya kawasan itu akan dijadikan sebagai kawasan hijau.Saat ini, kata Satrio, tempat pembuangan akhir Kaliori digunakan untuk menampung sampah yang dikirim dari masyarakat di wilayah Kecamatan Banyumas dan sekitarnya.

Namun, bila yang di Gunung Tugel sudah ditutup tidak tertutup kemungkinan juga akan digunakan untuk menampung sampah kiriman dari wilayah Purwokerto.

Sebenarnya Banyumas memiliki tiga lokasi TPA, yakni TPA Tipar Ajibarang (menampung sampah dari wilayah Ajibarang dan sekitarnya), TPA Kaliori (wilayah Kecamatan Banyumas dan sekitarnya), serta TPA Gunung Tugel (wilayah Purwokerto). ’’Adapun volume sampah yang dikirim ke tiga lokasi TPA itu mencapai kurang lebih 500 meter kubik per hari,’’ tambah dia.

Saat ditanya kabar adanya bagian bangunan tempat pembuangan akhir Kaliori yang runtuh, dia mengatakan, sudah diperbaiki. ’’Kalau TPA hal seperti itu sudah biasa terjadi, tapi yang jelas sekarang sudah diperbaiki,’’ tandasnya.(H48-17,47)

Post Date : 18 Juni 2013