Tahun ini Pemkab Agendakan Proyek Air Bersih

Sumber:haluanriauekspres.com - 3 Februari 2014
Kategori:Air Minum

 Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir akan membangun instalasi air bersih untuk disalurkan pada sejumlah perkantoran di pesisir Sungai Rokan yang telah siap huni pada tahun ini. Hal itu dikemukakan Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Rohil, Syafrudin Amd. "Memang selama ini kendala kita untuk penempatan sejumlah kantor yang telah siap huni di pesisir Sungai Rokan itu adalah air bersih, jadi tahun ini telah kita usulkan proyek air bersih," kata Syafrudin alias Iput, Sabtu (1/2).

Lanjutnya, untuk pembangunan air bersih ini, akan diupayakan dibuat sistem yang mengakibatkan seminimal mungkin risiko pada pemerintah, artinya bayar pekerjaan setelah siap fungsi.
Tidak ada sistem menggandeng investor, melainkan dengan melakukan tender langsung. Dengan pagu anggaran sekitar Rp25 miliar pelaksanaannya dinas terkait. 

Tahap awal, Pihak dinas telah menurunkan tim ahli untuk melakukan survei di sejumlah lokasi, salah satunya pada aliran sungai parit atmo di Batu Enam, namun sampai saat ini belum ditentukan sejumlah luas area yang akan diganti rugi sebagi lahan proyek air bersih.

Dijelaskannya, yang akan dibuat nantinya di antaranya membuat instalasi pengairan dan membuat waduk bendungan. Dengan alasan dan kemungkinan tertentu waduk sebagai tempat penyimpanan air yang siap dialirkan setiap saat walaupun di musim kering.

"Setakad ini jika terlaksana proyek itu, kita prioritaskan untuk perkantoran di pesisir Sungai Rokan Batu Enam saja dulu, nanti setelah kita lihat apakah bobot air cukup dan memadai juga Pemda bermurah hati untuk menyalurkan pada masyarakat baru kita salurkan," ujarnya.

Sekarang pihaknya masih menunggu pimpinan apakah disepakati atau tidak, jika disepakati maka tahun ini juga akan dilakukan pelaksanaan proyek air bersih tersebut.



Post Date : 03 Februari 2014