Masih Banyak Sampah Berserakan di Banyuasin

Sumber:beritanda.com - 25 Juni 2013
Kategori:Sampah Luar Jakarta

Sampah di Kabupaten Banyuasin masih banyak yang berserakan yang menimbulkan aroma busuk, juga tidak sedap dipandang mata. Salah satunya di Kelurahan Kenten, Kecamatan Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasin.

Pantauan Beritanda.com Banyuasin, Selasa (25/6/2013), sampah tersebut berserakan di pinggir jalan bahkan sudah hampir makan sebagian jalan, semua itu disebabkan tidak ada yang mengangkut sampah tersebut.

Demi (38) warga Kelurahan Kenten mengatakan, akibat sampah yang berserakan di pinggir jalan ini mengganggu aktivitas kami. "Sebab sampah tersebut sudah berada di tengah jalan, bukan itu saja baunyapun sangat menyengat, sehingga ketika kami lewat kepala sering pusing," ujar Demi menggerutu.

Menurut Demi, yang membuang sampah di pinggir jalan adalah masyarakat yang berdomisili disini. "Semua itu dilakukan karena memang sampai saat ini tidak ada tempat pembuangan sampah (TPS)," ungkapnya.

Sementara itu, Lurah Kenten Ahmad Rosadi SE MSi melalui Sekretaris Lurah (Seklur) Joko Wibowo saat dimintai tanggapan terhadap masalah sampah menjelaskan, kami selaku pihak kelurahan tidak tinggal diam saja. "Permasalahan sampah ini sudah kami layangkan surat permohonan ke pihak kecamatan supaya di Kenten segera disediakan mobil pengangkut sampah, "terangnya.

Dijelaskan Joko lebih jauh lagi, dulu pernah ada mobil pengangkut sampah, akan tetapi hanya berjalan
satu minggu, selanjutnya tidak ada lagi. 

"Walapun demikian, kami selaku pihak kelurahan menyediakan mobil pengangkut sampah, sebab warga di Kelurahan Kenten ini berjumlah kurang lebih 26 ribu orang lebih, sehingga mereka tidak lagi membuang sampah sembarangan," jelasnya.

Kepala Dinas Kebersihan Kabupaten Banyuasin Drs Amir Fauzie MM ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya mengakui, sampah yang berada di Kelurahan Kenten tersebut belum bisa teratasi. "Semua itu diakibatkan jumlah armada pengangkut sampah di kabupaten ini sangat minim," terang Amir.

Amir menjelaskan lebih jauh lagi, walaupun demikian, kami dari pihak Dinas Kebersihan Kabupaten Banyuasin terus berupaya semaksimal mungkin dengan mensosialisaikan kepada pihak kecamatan, untuk menghimbau masyarakat di wilayah masing-masing jangan membuang sampah sembarangan.

"Sebab kalau membuang sampah sembarangan akan mengundang penyakit, selain polusi udara berupa bau yang tidak sedap dari sampah tersebut. Untuk itu, kami menghimbau dari pada dibuang sembarangan, lebih baik sampah itu dibakar," bebernya.

Kami, lanjut Amir, selaku pihak Dinas Kebersihan Kabupaten Banyuasin sudah mengajukan permohonan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin untuk menambah armada pengangkut sampah. "Sehingga seluruh sampah yang ada di Kabupaten Banyuasin ini bisa terangkat," jelasnya.

Selain itu juga kami menghimbau kepada seluruh kecamatan, supaya menyediakan lahan untuk peletakan TPS. "Semua itu bertujuan supaya masyarakat tidak lagi membuang sampah sembarangan, demi terciptanya kebersihan, dan sesuai dengan program pemerintah pusat, tentang menjaga kebersihan," tandas Amir.

- See more at: http://www.beritanda.com/nusantara/sumatera/sumatera-selatan/14403-masih-banyak-sampah-berserakan-di-banyuasin-.html#sthash.sjok9v8c.dpuf



Post Date : 26 Juni 2013