Buku Putih Sanitasi Kota Tebing Tinggi

Penerbit:Tebing Tinggi, Pemerintah Kota Tebing Tinggi, 2010; 92 hal + tabel + peta
No. Klasifikasi:363.725.981.273 DRA
Kata Kunci:Buku Putih Sanitasi, Kota Tebing Tinggi, AMPL, PHBS
Lokasi:Perpustakaan Pokja AMPL. Telepon 021-31904113
Kategori:Buku

Buku Putih Sanitasi merupakan dokumen awal dalam menangani masalah sanitasi Kota Tebing Tinggi. Buku ini berisi data dasar esensial mengenai struktur, situasi dan kebutuhan sanitasi tahun 2010, diantaranya meliputi limbah cair rumah tangga yang belum dikelola secara maksimal dimana 1 (satu) unit Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Komunal yang ada saat ini untuk memfasilitasi 70 (tujuh puluh) kepala keluarga, hal dikarenakan keterbatasan dana selain itu Pemerintah masih menyewa tanah milik masyarakat untuk Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Kepedulian masyarakat dalam penanganan drainase perlu ditingkatkan dan diperlukan panduan pengelolaan drainase lingkungan yang terkoordinasi agar tidak tekesan tumpah tintih antar SKPD. Adapun kualitas air sungai Kota Tebing Tinggi semakin tercemar akibat pembuangan limbah industri yang  tidak memiliki IPAL.
Untuk memasyarakatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) selain pemerintah, dilibatkan pula LSM dan Kader Pemberdayaan Masyarakat (KPM), saat ini sudah berhasil mensosialisasikan penggunaan bak sampah yang disediakan di pinggir jalan.

 



Post Date : 26 September 2012