Buku Putih Sanitasi Kota Bekasi

Pengarang:H.Dudy Setiabudhi,MM (kata pengantar)
Penerbit:Bekasi: Tim Pokja Sanitasi Kota Bekasi, 2010; xi, 82 hal + tabel + gambar + lampiran (19 hal)
No. Klasifikasi:363.725.983.275 BUK
Kata Kunci:Buku Putih Sanitasi, Kota Bekasi, AMPL
Lokasi:Perpustakaan Pokja AMPL. Telepon 021-31904113
Kategori:Buku

Buku Putih Sanitasi Kota Bekasi sebagai acuan dalam penyusunan dokumen strategi sanitasi kota. Buku ini biasa digunakan sebagai sumber data untuk keperluan kampanye sanitasi kota, promosi program sanitasi atau bentuk-bentuk rencana kegiatan partisipasi masyarakat.

Informasi yang disajikan pada buku ini adalah persentase cakupan pengelolaan sampah ditingkat rumah tangga sudah cukup tinggi, hal ini berbeda dengan angka layanan pengangkutan sampah kota yang masih berkisar 40%.  Dipaparkan pula kondisi sarana dan prasarana yang meliputi kondisi jalan, sistem drainase, kondisi air bersih, kondisi air limbah dan kondisi persampahan.
Di kecamatan Jatisampurna, Bantargebang, Bekasi Barat, Jati Asih, Bekasi Selatan, Bekasi Timur dan Bekasi Utara memiliki tingkat resiko pencemaran sarana air bersih dengan status tinggi-sangat tinggi (0,56-21,95%). Tingginya tingkat pencemaran ini berasal dari limbah manusia (sewage), gas-gas buangan, sampah rumah tangga dan limbah industri baik yang berbentuk cair maupun padat. Selain itu sebagian besar sungai mengalami pendangkalan dan erosi akibat dari tumpukan sampah dan penyalahgunaan fungsi sungai sehingga meningkatkan potensi banjir.

Diharapkan informasi yang disajikan dalam Buku Putih ini memenuhi harapan dari semua pemangku kepentingan dalam melihat fakta sanitasi kota. Informasi yang terdapat dalam Buku Putih ini akan berubah seiring berjalannya waktu sesuai dengan pembaharuan data-data dari dinas-dinas terkait, hasil survey terkini, penelian dan kajian-kajian ilmiah lainnya maupun pembaruan informasi lainnya yang menjadi cakupan sanitasi di Kota Bekasi.

 

 



Post Date : 11 September 2012