70 Rumah Terendam Air Laut

Sumber:Media Indonesia - 14 Desember 2007
Kategori:Banjir di Luar Jakarta
MAJENE (Media): Sekitar 70 rumah di Kelurahan Labuang, Kecamatan Banggae, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat (Sulbar), terendam air laut sejak Rabu (12/12) malam.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun aktivitas warga terganggu.

Diduga, banjir air laut terjadi karena tanggul penahan ombak di sekitar muara sungai bobol.

Menurut Supriati, 35, warga perumahan Binanga, Labuang, air yang masuk ke rumah warga itu tingginya sekitar 30 cm.

''Tetapi biasanya kalau puncak musim barat akan lebih tinggi lagi,'' ujar Irjan Ahmad, warga setempat lainnya.

Dia memperkirakan puncak musim angin barat akan terjadi akhir Desember mendatang.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Majene Adam Yahya mengaku akan meninjau terlebih dahulu ke lokasi sebelum mengambil keputusan. ''Saya belum terima laporannya, makanya kita mau tinjau dulu,'' papar Adam.

Sementara itu, sejumlah warga di Desa Winong dan Durenan, Kecamatan Gemarang, Kabupaten Madiun, yang rumahnya rusak dan bahkan ada yang rata dengan tanah karena diterjang angin puting beliung, Rabu (12/12), hingga kini belum mendapat bantuan pemerintah.

Camat Gemarang Sugiharto mengaku memang belum memberikan bantuan kepada para korban bencana alam tersebut. ''Kami masih mendata, mungkin besok (hari ini) bantuan akan datang dari pemerintah kabupaten,'' tutur Sugiharto.

Sedangkan di Kalimantan Selatan (Kalsel), sebanyak 124 keluarga korban puting beliung yang terjadi bulan lalu mendapat bantuan dari pemerintah.

Bantuan yang diserahkan Gubernur Kalsel Rudy Arifin tersebut berupa bahan bangunan serta uang tunai Rp64 juta.

Warga yang dapat bantuan adalah 71 keluarga atau 325 jiwa warga Desa Sungai Lulut, Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin, kemudian 25 keluarga atau 126 jiwa berasal dari Desa Lokbuntar, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar. Selanjutnya 28 keluarga atau 155 warga Desa Tinggiran, Kecamatan Mekarsari, Barito Kuala.

''Semua daerah kita minta mewaspadai ancaman bencana itu,'' tandas Rudy saat menyerahkan bantuan dalam acara peringatan Hari Ibu dan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional di Banjarmasin, kemarin.

Dilaporkan pula, banjir akibat hujan deras yang menggenangi areal tanaman padi di Jawa Barat (Jabar) meluas. Sebelumnya areal yang terkena banjir 286 hektare (ha), meluas jadi 1.375 ha.

Di Cilacap, Jawa Tengah (Jateng), banjir yang terjadi di sejumlah desa di Kecamatan Kroya, Cilacap, Jateng, memusnahkan lebih dari 3,7 ton benih bantuan sehingga petani setempat terpaksa membeli lagi benih yang mati akibat terendam banjir tersebut.

Sedangkan Pemkab Temanggung, Jateng, segera merelokasi lebih dari 16 keluarga di Dusun Kruisan, Desa Banaran, Kecamatan Gemawang, karena tanah dusun tersebut labil dan rawan longsor. (FH/AG/DY/EM/LD/TS/N-3)



Post Date : 14 Desember 2007