PDAM Ngadat, Warga Kesulitan Air Bersih

Sumber:borneonews.co.id - 27 Mei 2013
Kategori:Air Minum

DALAM beberapa waktu terakhir, pelayanan Perusahan Daerah Air Munum (PDAM) Tirta Bahalap, Kuala Kurun, Kabupaten Gunung Mas (Gumas) tidak maksimal.

PDAM tak alirkan air bersih ke rumah para pelanggan di Jalan Sangkurun, Jalan Damang Sawang dan Tumbang Anjir, Kelurahan Kuala Kurun, Kecamatan Kurun. 
Ratusan warga kesulitan mendapat pasokan air bersih. Untuk mendapat air bersih, warga yang tinggal di Jalan Sangkurun, Jalan Damang Sawang dan Tumbang Anjir, terpaksa mencari air bersih ke rumah warga yang masih tersedia air bersih.

Salah seorang warga yang tinggal di Jalan Sangkurun, Mila, 36, menuturkan, saat ini air PDAM tidak bisa mengalir ke rumah mereka. 

Warga sangat kesulitan mendapat air bersih untuk kebutuhan sehari–hari. Baik untuk kebutuhan memasak, mencuci, mandi dan kebutuhan lainnya. Mengingat, sumber air bersih satu–satunya adalah dari PDAM.

“Selama air bersih tidak mengalir ke wilayah kami. Kami terpaksa mencari air bersih ke rumah warga yang air PDAM-nya masih mengalir. Jika tidak begitu, kita tidak akan mendapat air bersih untuk kebutuhan memasak, mencuci atau pun kebutuhan lainnya,” ujar Mila, Minggu (26/5).

Senada dengan Mila, warga yang tinggal di Jalan Damang Sawang, Perdi, 44, mengeluhkan macetnya air besih dari PDAM. Dia sangat kesulitan mendapatkan pasokan air bersih selama beberapa hari terakhir.

“Yang jelas selama air tidak mengalir, kita kesana kemari untuk memdapat air besih. Bahkan untuk mandi kita terpaksa ke Sungai Kahayan. Sementara untuk konsumsi terpaksa meminta air bersi dari warga yang ada persediaan air bersih,” terang Perdi.

Pipa pecah

Ketika konfirmasi, Direktur PDAM Totok Suwondo mengatakan, tersandatnya saluran air kesejumlah pelanggan di Jalan Sangkurun, Jalan Damang Sawang dan Tumbang Anjir, akibat pipa induk penyalur air pecah. Saat ini pipa tersebut dalam tahap perbaikan.
“Perbaikan terus diupaya­kan, sore nanti (kemarin sore) perbaikan diperkirakan selesai. Dan, besok (hari ini) air akan normal kembali,” janji Totok. 

 



Post Date : 27 Mei 2013