Sampah Bisa Bersahabat dengan Lingkungan Hidup

Sumber:poskotanews.com - 2 Juni 2013
Kategori:Sampah Luar Jakarta

 Persoalan sampah di Ibukota Jakarta sangat pelik. Setiap even (acara) besar selalu menyisakan sampah yang menggunung. Sampah buangan manusia ini jika tidak diolah bakal berakibat buruk terhadap lingkungan hidup.

Melihat hal ini, sekelompok anak muda memperkenalkan konsep Zero Waste Events Project yang diperagakan pada pelaksanaan Pekan Lingkungan Hidup Indonesia (PLI) bertema ‘Ubah Perilaku Konsumsi Untuk Selamatkan Lingkungan’, pada 30 Mei -2 Juni 2013 di Jakarta Convention Center (JCC), yang dibuka Menteri Lingkungan Hidup, Balthasar Kambuaya.

Syaiful Rochman, Koordinator Zero Waste Event Project pada PLI 2013, menjelaskan, pengelolaan sampah even sudah tercantum dalam UU No 18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah. “Berdasarkan UU tersebut, sampah yang dihasilkan dari kegiatan manusia harus dikelola sesuai dengan azas lingkungan hidup,” jelasnya, Sabtu, di sela PLI.

Zero Waste Event ini menyediakan tempat sampah terpilah dan memberikan edukasi kepada pengunjung even agar membuang sampah dengan proses pemilahan yang benar, sehingga masyarakat bisa mengerti mengenai jenis jenis sampah yang dimilikinya.

“Sampah yang dihasilkan tidak terkirim ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA), tetapi disalurkan kepada pihak yang siap memproses sampah-sampah ini melalui cara  yang tidak bertentangan dengan azas lingkungan hidup,” jelasnya.

Salman Noersiwan Bahtiar, Manager CSR PT Indonesia Power, menyambut baik project yang dilakukan anak-anak muda ini. Pihaknya pun merasa terpanggil untuk ikut berkampanye pentingnya mengelola sampah di masyarakat.

“Saat ini kami  merasakan dampak atas permasalahan sampah. Contohnya PLTA Saguling, mendapatkan predikat septic tank terbesar di dunia karena banyaknya sampah yang menumpuk di Waduk Saguling. Belum lagi, sampah domestik di Teluk Jakarta yang berdampak terhadap kerusakan mesin pembangkitan kami di daerah Priok,” ungkapnya dalam even yang sama.

Syaiful menambahkan, sejak 2008, pihaknya telah melakukan kegiatan Zero Waste Event di berbagai kegiatan. Saat ini, belum banyak penyelenggara kegiatan yang tertarik terhadap Zero Waste Event. “Selama ini Zero Waste Event memang dilakukan atas kerjasama beberapa pihak yaitu Kementerian Lingkungan Hidup dan perusahaan swasta,” ungkapnya.

Menteri Lingkungan Hidup, Balthasar Kamuaya member apresiasi kepada  berbagai pihak yang terlibat dalam pelaksanaan Pekan Lingkungan Indonesia 2013, mulai dari industri, kelompok pendidikan, kelompok bisnis dan warga masyarakat pada umumnya.

 



Post Date : 03 Juni 2013