Warga Karondoran Mengeluh Sulit dapat Air Bersih

Sumber:tribunnews.com - 17 Mei 2013
Kategori:Air Minum

Warga kelurahan Karondoran kecamatan Ranowulu kota Bitung mengeluh suplai air bersih di wilayahnya sangat minim.

Yan Pangemanan, warga Karondoran kepada Tribun Manado belum lama ini menuturkan, air bersih dari PDAM hanya mengalir tiga hari sekali.

" Disini sulit sekali dapat air bersih. Air PDAM mengalir tiga hari sekali, bahkan kalau kemarau panjang bisa sama sekali tidak mengalir," keluhnya.

Tambahnya, untuk mengatasi masalah ini warga secara swadaya membangun bak-bak penampungan air hujan sebagai penyimpan cadangan air bersih.

"Hanya memang terbatas. Kalau hujan ada air, tapi kalau sudah musim panas kondisinya sama saja. Warga sulit dapat air," ungkapnya.

Dirinya berharap pemerintah kota Bitung lebih peka melihat kebutuhan masyarakatnya. "Kalau bisa kami minta pemerintah bantu kami warga supaya lebih mudah untuk bisa dapatkan air bersih. Kondisi seperti ini cukup menyulitkan kami," ujarnya.

Terpisah, Direktur PDAM Bitung Hengky Sampow, Jumat (17/5) mengakui dan membenarkan adanya kesulitan warga khususnya di wilayah Bitung Timur untuk memperoleh air bersih.

"Kami sudah upayakan yang terbaik, tetapi memang disana sekarang kondisinya sangat terbatas. Hanya ada satu sumber air yang digunakan yaitu sumur bor Tinumbala untuk melayani lebih dari 3 ribu pelanggan," tuturnya.

Hengky mengakui, dari sumber sumur bor ini kemudian disalurkan ke satu bak reservoar di Kekenturan dengan kekuatan debit air hanya 12 liter air per detik.

"Kapasitas ini sangat terbatas untuk layani pelanggan yang terus bertambah di semua kelurahan yang ada di Bitung Timur," jelasnya.

Oleh karena itu, menurut Hengky jalan keluar satu-satunya adalah dengan penambahan sumber mata air baru.

"Harus ada penambahan sumber air baru, tetapi harus diakui anggaran yang dibutuhkan hingga miliaran rupiah. Tetapi kami sudah usulkan ke dinas PU," ungkapnya.

Untuk sementara waktu menurutnya, layanan air bersih untuk warga di wilayah Bitung Timur masih dijadwalkan. "Apa boleh buat, untuk sementara waktu layanan air bersih harus dijadwalkan supaya semua boleh dapat. Dan untuk menambah kekurangan, kami sudah kerahkan mobil tangki ke pemukiman warga untuk menambah suplai air bersih," tandasnya.



Post Date : 17 Mei 2013