Kabupaten Flotim dan Alor dapat Bantuan Sarana Air Bersih

Sumber:beritasatu.com - 11 Maret 2014
Kategori:Air Minum

Kabupaten Flores Timur (Flotim) dan Alor mendapat bantuan sarana air bersih dari Pemerintah Pusat. Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum Nusa Tenggara Timur (NTT) Frans Pangalinan kepada wartawan di Kupang, Selasa (11/3) mengatakan, bantuan itu untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat setempat.

Dijelaskan, bantuan diserahkan ke Desa Ritaebang di Kecamatan Solor Barat, Kabupaten Flotim, dalam tahun anggaran 2014. Kabupaten itu mendapat bantuan dari Kementerian Pekerjaan Umum senilai Rp 4,5 miliar.

Dana yang dialokasikan itu untuk pengadaan pipa dari sumber mata air sejauh 17 kilometer dan satu unit reservoir untuk melayani kebutuhan akan air bersih di daerah itu.

Menurut Frans, dana tersebut merupakan alokasi dari Program Pengembangan infrastruktur Pedesaan (PPIP). Selain itu, masih ada juga alokasi dana sebesar Rp 700 juta dan Rp 1 miliar dari program Pamsimas.

"Untuk alokasi PPIP dan Pamsimas, masih menunggu penetapan lokasi untuk pemanfaatan dananya sehingga perlu koordinasi dengan pemerintah di kecamatan setempat," kata Frans.

Selain masyarakat Pulau Solor Kabupaten Flotim, Pemerintah Pusat juga membantu Kabupaten Alor dengan mengalokasikan dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp 3,8 miliar juga untuk pengadaan air bersih. Pengalokasiannya masih perlu dibahas dengan pemerintah setempat, mengingat alokasi dananya yang cukup besar.

Dia berharap, dengan adanya bantuan pemerintah tersebut masyarakat setempat perlu mendukung sepenuhnya, karena programnya untuk kepentingan masyarakat yang memerlukan fasilitas air bersih.

 



Post Date : 11 Maret 2014