Pemkot Depok Siapkan Air Minum Gratis

Sumber:menits.com - 18 Agustus 2013
Kategori:Air Minum

 Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Depok Tirta Asasta menyiapkan program air PDAM yang bisa langsung diminum dengan membuat tiga titik keran air sebagai sumbernya.

"Air minum yang bisa langsung diminum ini sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," kata Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail di Depok, Minggu.

Tiga titik air keran yang bisa langung diminum tersebut diawali di Balai Kota Depok, yaitu di halaman Masjid Balai Kota, lapangan, dan halaman parkir Gedung Baleka. Ketiga titik tersebut memiliki konsep reperse osmosis (RO). Konsep itu menghilangkan semua bakteri sehingga air layak untuk diminum secara langsung. 

Dengan adanya titik air di Balai Kota, Wali Kota berharap para pengguna pelayanan yang berada di lingkungan tersebut bisa memanfaatkannya sebagai fasilitas sumber air minum langsung.

"PDAM sudah harus bersiap-siap untuk menyediakannya di beberapa tempat pelayanan lainnya," jelasnya.

Ia mengatakan bahwa tempat titik air minum tersebut disesuaikan agar mudah dijangkau oleh orang secara umum.

"Ada bagusnya, posisinya dibuat sedemikian rendah seperti di bandara, dan ada dua kategori yang bisa menggunakannya, yaitu anak kecil dan orang dewasa," katanya.

Terkait dengan rasa air minumnya, Wali Kota mengatakan bahwa rasa airnya sudah sesuai, PH yang dicapai di tengah-tengah, yaitu sekitar 7. Untuk PH air minum yang sesuai standar kesehatan adalah 6,5--8,5. 

"PH sumber air minum langsung ini sudah layak untuk diminum. Akan tetapi, kalau memang bisa PH-nya dinaikkan sedikit, biar lebih adem rasanya," katanya. 

Pelayanan air minum gratis ini akan beroperasi selama 24 jam, dan nantinya akan hadir di sentra-sentra pelayanan publik. Masyarakat bisa memanfaatkan sumber air minum ini dengan baik.

Sementara itu, Direktur PDAM Muhammad Kholik mengatakan bahwa air ini telah melalui proses uji laboratorium dan hasilnya sudah sesuai dengan standar layak untuk diminum.

Sumber air berasal dari sumber PDAM, yang dimasukkan instalasi RO dan telah siap untuk dimunim, katanya.

"Air keran tersebut telah layak untuk diminum untuk dinikmati warga Depok," ujarnya.



Post Date : 19 Agustus 2013