Entrepreneur Sampah

Sumber:Koran Sindo - 15 April 2013
Kategori:Sampah Luar Jakarta
Produk yang sudah tidak produktif atau tidak memiliki nilai guna bukan berarti tidak dapat dimanfaatkan dan hanya berakhir menjadi sampah.

Dengan ide dan inovasi maka sampah bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Malah, bisa membuat Anda menjadi entrepreneur. “Entrepreneur itu bisa melihat sesuatu menjadi peluang atau bukan. Artinya, sampah bisa jadi uang. Selama ini sudah banyak orang yang menjadi entrepreneur mengelola sampah, hanya bukan orang yang peduli lingkungan, melainkan mereka yang butuh uang. Mahasiswa ada motif lingkungan dan praktek bisnis,” kata Kepala P2TLH Unisba Mohamad Satori.

Menurut dia, sampah itu material yang tidak produktif sehingga jika jadi peluang bisnis, harus ada kreasi dan inovasi dan salah satunya harus dilakukan mahasiswa atau mereka yang memiliki kreativitas dan ide cemerlang. Bukan hanya dari sisi bisnis, secara akademis, pemanfaatan sampah juga bisa dilakukan.

Salah satunya dengan menggunakan kertas daur ulang untuk cover depan tugas akhir mahasiswa. Di mana pengolahan kertas daur ulang pembuatan cover depan tugas akhir ini dilakukan mahasiswa sendiri.

“Saya harap hal ini akan bisa segera terwujud. Jika sudah dilakukan, hal itu untuk penghematan penggunaan kertas. Tugas akhir mahasiswa juga diprint bolak-balik dalam satu kertas sehingga lebih meminimalisasi penggunaan kertas,” tuturnya.  masita ulfah

Post Date : 15 April 2013