Ceko Akan Kembangkan Teknologi Pengolahan Air Bersih

Sumber:Koran Sindo - 26 April 2013
Kategori:Air Minum
MEDAN – Republik Ceko menyatakan ketertarikannya untuk mengembangkan teknologi pengolahan air bersih di wilayah Sumatera Utara (Sumut). Sejumlah perwakilan dagang Ceko mengaku sangat ingin melakukan kerja sama dalam beberapa bidang ekonomi dengan pemerintah Indonesia, salah satunya pengolahan air bersih.

“Untuk tahap awal, kami akan sharing terlebih dahulu mengenai sistem pengolahan air di Ceko kepada pengusaha yang ada di Sumut melalui Kadin,” kata Wakil Ketua Urusan Ekonomi Kedutaan Republik Ceko, Jan Janda di kantor Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumatera Utara (Sumut), Kamis (25/4). Melalui sharingtersebut itu, lanjut dia, diharapkan ada kerjasama yang terjalin nantinya.

Pihaknya akan mendatangkan ahli pengolahan air ke sini untuk menyampaikan bagaimana bisnis tersebut berjalan di sana. Sehingga pengusaha bisa mengetahui informasi rinci mengenai teknologi pengolahanair.“Karena itu kami minta Kadin memfasilitasi pertemuan yang rencananya akan diadakan pada Mei mendatang,” paparnya. Wakil Ketua Hubungan Perdagangan Luar Negeri Kadin Sumut, Sjahrian Harahap mengatakan, kedatangan tim Ceko itu perlu disambut baik.

Bukan hanya hanya swasta yang bergerak pada bidang usaha air tetapi juga perusahaan daerah air minum (PDAM), agar bisa menyerap ilmu teknologi yang disampaikan. Sebab, pengolahan air bersih di Sumut memang masih bermasalah. Dia menganjurkan, seluruh pengusaha yang bergerak pada bidang air termasuk perusahaan milik pemerintah daerah (pemda) ikut dalam pertemuan tersebut.

“Bagi yang ingin hadir kesana, bisa menghubungi Kadin,” ujarnya. MenurutSjahrian, kualitasair bersih di Sumut masih rendah sehingga sering muncul keluhan dari masyarakat. Diharapkan sistem yang akan disampaikan bisa diimplementasikan dengan menyesuaikan sistem pengolahan milik PDAM. Selain itu, industriindustri air minum, bisa memanfaatkan informasi dari ahli Ceko guna pengembangan bisnis. jelia amelida

Post Date : 26 April 2013