Bude Karwo Ajak Perempuan Kampanye Sanitasi Sehat

Sumber:beritajatim.com - 28 Mei 2013
Kategori:Sanitasi

Siapa yang tak suka hidup bersih, karena dari kebersihan itulah bisa mendapatkan hidup yang sehat. 

Tapi di beberapa wilayah kabupaten di Jawa Timur masih ada yang kurang sadar dengan pentingnya hidup sehat.

Nina Soekarwo, Ketua Penggerak PKK Jawa Timur saat ditemui beritajatim.com di Hotel Mercure pagi ini (28/5/2013) menyuarakan tentang peran perempuan dalam kehidupan sehat keluarga. "Perempuan itu memegang peran penting terhadap budaya hidup sehat", ujar Nina Soekarwo.

Hidup sehat yang digalakkan,tidak berhenti di ketersedian air bersih saja. Sanitasi yang bersih juga wajib ada untuk menunjang kehidupan yang sehat. Di sebagian daerah di Jawa Timur, masih ada yang buang air besar di sembarang tempat.

"Ada lho beberapa daerah kabupaten di dekat surabaya, kalau BAB tidak di sungai katanya tidak enak", ucap Nina Soekarwo.

Sanitasi yang tidak bersih akan menyebabkan banyak penyakit. Mulai dari penyakit diare, infeksi kulit, dan sebagainya.

Dalam acara Workshop Organisasi Perempuan, juga menobatkan beberapa pelajar SMP di Jawa Timur sebagai Duta Sanitasi Jawa Timur. Selain itu Nina Soekarwo juga menyebutkan bahwa perkembangan kesadaran akan hidup sehat di Jawa Timur sudah semakin meningkat.

Nina Soekarwo juga menuturkan, Kabupaten Mojokerto adalah kabupaten yang masyarakatnya sudah paham betul manajemen sanitasi. "Disana ada sanintasi seperti mck umum yang dibangun swadaya masyarakatnya sendiri, saya salut dan itu harus dicontoh terutama oleh kabupaten di Jawa Timur. Targetnya Jawa Timur jadi propinsi yang sehat", kata Nina Soekarwo.



Post Date : 29 Mei 2013