Warga Siak Keluhkan Sulitnya Mendapatkan Sumber Air Bersih

Sumber:tribunnews.com - 3 Januari 2014
Kategori:Air Minum

Hingga kini sejumlah masyarakat dibeberapa daerah di Kabupaten Siak, khususnya yang bermukim di wilayah pinggiran Sungai Siak masih berkutat pada permasalahan sulitnya mendapatkan sumber air bersih. Warga masyarakat sangat mengharapkan adanya perhatian dari Pemerintah Kabuapten Siak untuk dapat mengatasi permasalah tersebut.

Seperti diungkapkan Tono (32), warga yang tinggal di pinggiran Sungai Siak, Desa Buatan II, Kecamatan Koto Gasib mengatakan, persolaan permasalahan air bersih didesa itu bukan menjadi persoalan yang baru. Ditambah lagi persoalan air sungai Siak yang telah tercemar dan tidak dapat untuk digunakan, apalagi untuk dikonsumsi warga.

“ Keluhan ini sudah lama kami sampaikan namun sejauh ini belum ada realisasinya, namun kita masih berharap kepada pemerintah untuk mendengarakan aspirasi masyarakat mengenai keluhan air bersih ,” ujar Tono, Kamis (2/1.

Sementara itu, Bupati Siak H. Syamsuar mengungkapkan, Pemkab Siak dalam waktu dekat akan segera membangun sumber air bersih dibeberapa daerah di Kabupaten Siak. Pihaknya juga telah menggarakan anggaran  dari APBD Siak Tahun 2014 untuk membangun sarana sumber air bersih dibeberapa wilayah di Siak yang kesulitan air bersih.

" Dibeberapa daerah seperti Kecamatan Pusako, Sabag Auh, Kerinci Kanan, Siak Lubuk Dalam dan beberapa daerah lainnya yang kesulitan air bersih akan segera dibangun suimber air bersih," ujar Bupati Siak.

Bupati menjelaskan, permasalah air bersih merupakan sekala prioritas. Ia berharap persolan air bersih akan segera dapat di tuntaskan pada tahun 2014 ini. Selain persoalan air besih, pada tahun anggaran 2014, pembangunan lebih diarahkan pada peningkatan infrastruktur di Pedesaan.
" Fokus pembanguna fisik, seperti pembangunan sumber air bersih, semenisasi jalan desa, dan infrastruktur lainnya menjadi fokus kita pada APBD 2014 ini," ungkapnya.

Peningkatan infrastruktur di desa,, seperti jalan, pelabuhan, pasar di daerah pedesaan, diharapkan dapat berdampak positif pada perekonomian masyarakat, karena akses yang akan semakin mudah dan lancar. Dan hal itu diharapakan akan memicu tumbuhnya pusat perekonomian baru dimasyarakat seperti pasar-pasar. Baru yang akan  tumbuh didesa.

"Melalui peningkatan infrastruktur itu,  kesenjangan pembangunan antara desa dan kota juga semakin tipis. Dan akses dari desa ke kota pun akan semakin mudah," jelasnya.

 



Post Date : 03 Januari 2014