Selama Bulan Ramadan PDAM Diminta Jamin Ketersediaan Air Bersih

Sumber:metrosiantar.com - 9 Juli 2013
Kategori:Air Minum

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kualo, Tanjungbalai diminta menjamin ketersediaan air bersih selama bulan suci Ramadhan. Karena dikhawatirkan jika pendistribusian air bersih tersendat akan mengganggu ibadah umat muslim yang melaksanakan ibadah puasa. Permintaan itu disampaikan Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Tanjungbalai, Hakim Tjoa Kien Lie, Senin (8/7).

“Kami berharap, PDAM Tirta Kualo Tanjungbalai dapat menjamin ketersediaan air bersih yang cukup bagi masyarakat selama bulan suci Ramadan yang sebentar lagi akan tiba. Sehingga, umat Muslim di daerah ini dapat menghadapi bulan suci Ramadan dan menjalankan ibadahnya tanpa gangguan akibat kesulitan dalam mendapatkan air bersih,” kata Hakim.

Menurut Hakim, permasalahan dalam pendistribusian air PDAM Tirta Kualo Tanjungbalai yang terjadi selama ini semoga tidak terjadi selama pelaksanaan bulan suci Ramadan, sehingga masyarakat tidak terganggu dalam melaksanakan ibadah selama bulan suci itu.

“Jika perlu pihak PDAM Tirta Kualo Tanjungbalai harus menyediakan tanki atau drum penampungan air bersih untuk memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya bagi masyarakat di sejumlah sudut kota yang selama ini kesulitan untuk mendapatkan air bersih. Kita berharap, pelayanan akan ketersediaan air bersih dari PDAM Tirta Kualo Tanjungbalai dapat dilakukan secara maksimal selama pelaksanaan bulan suci Ramadan agar masyarakat di Kota Tanjungbalai ini dapat melaksanakan ibadah tanpa adanya gangguan,” tambahnya.

Sementara itu, Direktur PDAM Tirta Kualo Tanjungbalai, Zaharuddin Sinaga SE mengaku pihaknya tetap bekerja secara maksimal dan prima dalam melayani kebutuhan masyarakat akan air bersih.

“Selama ini, pelayanan akan ketersediaan air bersih yang kita berikan terhadap masyarakat selalu maksimal dan prima, bukan hanya selama pelaksanaan bulan suci Ramadan saja, melainkan setiap harinya. Akan tetapi, pelayanan maksimal dan prima tersebut kita berikan sesuai dengan kemampuan dan kondisi dari fasilitas yang tersedia,” kata Zaharuddin.

Zaharuddin mengungkapkan, dalam memasuki bulan suci Ramadan tahun ini, pihaknya sudah dapat mengoperasikan mesin generator set (genset) bantuan dari Pemko Tanjungbalai untuk mendistribusikan air bersih kepada masyarakat apabila listrik padam, namun kapasitasnya masih terbatas. Sementara, terhadap sekitar 6 lokasi sumur bor yang pengoperasiannya tergantung kepada tenaga listrik, pihaknya belum dapat berbuat banyak jika sewaktu-waktu listrik padam.

 



Post Date : 10 Juli 2013