Surakarta akan Bangun Tempat Sampah Bawah Tanah

Sumber:metrotvnews.com - 8 April 2013
Kategori:Sampah Luar Jakarta
Sebelum di buang ke sana, sampah-sampah itu dikumpulkan di 80 titik tempat pembuangan sementara. Keberadaan tempat pembuangan sementara itu, kata Satriyo, mulai banyak dikeluhkan masyarakat karena sering menebar bau tidak sedap.
Saat ini 250 ton sampah itu dibuang ke tempat pembuangan akhir Putri Cempo. Padahal, secara teknis daya tampungnya sudah dinyatakan habis sejak tujuh tahun lalu.
Satu unit TPS Terpadu diproyeksikan mampu menampung secara mobile 25 truk sampah atau sekitar 62,5 ton per hari. Dengan lima TPS Terpadu, total sampah yang bisa ditampung mencapai 250 ton per hari. Jumlah itu setara dengan volume sampah yang dihasilkan masyarakat Kota Surakarta setiap hari.
"Kami merencanakan membangun minimal di lima titik. Tapi untuk tahap awal sekaligus sebagai percontohan, akan dibangun satu di Kecamatan Banjarsari. Detail engineering design sudah selesai, tinggal proses lelang," jelasnya.
Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Surakarta Satriyo Teguh Subroto mengungkapkan rencana tersebut saat ditemui di balai kota setempat, Senin (8/4).
Selain diproyeksikan mampu menuntaskan persoalan sampah, TPS Terpadu itu juga akan menjadi sumber penghasilan baru bagi kas daerah.
Pemerintah Kota Surakarta, Jawa Tengah, berencana membangun tempat pembuangan sampah terpadu bawah tanah (TPS Terpadu). 


Post Date : 08 April 2013