60% Pelanggan Palyja Kekurangan Air

Sumber:Suara Pembaruan - 04 Desember 2009
Kategori:Air Minum

[JAKARTA] Wilayah barat Jakarta akan kekurangan air bersih mulai Kamis (3/12) hingga batas waktu yang belum ditentukan. Hal ini disebabkan telah terjadi gangguan pasokan air baku ke Instalansi Pengolahan Air Pejompongan 1 dan 2 (IPA 1 dan IPA2) milik PT PAM Lyonnaise Jaya (Palyja) sejak pukul 06.15 WIB. Oleh karena itu, 60% pelanggan Palyja akan kekurangan air bersih.

"Kami akan mengoptimalkan seluruh fasilitas produksi kami untuk membantu pasokan air bersih ke wilayah terdampak. Saat ini, pihak-pihak terkait sedang mencari jalan ke luar," kata Presiden Direktur Palyja, Philippe Folliasson.

Menurut keterangan Direktur Palyja, kebocoran terjadi akibat dari gempa berkekuatan 7,3 skala richter yang mengguncang Jakarta pada 2 September.

Wilayah yang akan mengalami gangguan air bersih seperti, Gelora, Bendungan Hilir, Kampung Bali, Kuningan Timur, Karet Tengsin, Karet Semanggi, Senayan, Semanggi, Pasar Manggis, Menteng Atas dan Dalam, Guntur, Menteng Pegangsaan, Gondangdia, Cikini, Kebon Sirih, Kemanggisan, Palmerah, Kebon Melati, Kebon Kacang, Setia Budi, Ancol, Angke, Cideng, Duri Pulo, Duri Selatan dan Utara, Gambir, Glodok, Jati Pulo, Jembatan Besi, Jembatan Lima, Kali Anyar, Karang Anyar, Kartini, Keagungan, Kebon Kelapa, Kerendang, Kota Bambu, Krukut, Mangga Besar, Mangga Dua Selatan, Maphar, Pasar Baru, Pejagalan, Pekojan, Penjaringan, Petamburan, Petojo Selatan dan Utara, Pinangsia, Pluit, Roa Malaka, Slipi, Taman Sari, Tambora, Tanah Sereal, Tangki, Tomang, Sukabumi Utara, Kebon Jeruk, Duri Kelapa, Tanjung Duren, Tanjung Duren Utara, Wijaya Kusuma, Jelambar dan Jelambar Baru.

Tarif Naik

PT Palyja mengharapkan tarif air minum di Ibukota segera naik. Hal itu karena sudah dua tahun terakhir (2008-2009), tarif air tidak pernah dinaikkan. Selain itu, inflansi dalam dua tahun terus meningkat sehingga perlu ada penyesuaian tarif.

"Kami berharap awal 2010 sudah ada kenaikan. Kalau tidak akan susah untuk investasi seperti penambahan pipa baru atau pergantian pipa lama," kata Wakil Presiden Direktur PT Palyja, Herawati Prasetyo dalam Workshop mengenai Palyja di Bandung, Jawa Barat, Kamis (3/12). [Nov/U-5/R-14]



Post Date : 04 Desember 2009