JICA Berikan Hibah 44 M untuk Air Bersih Mandalika Resort

Sumber:rri.co.id - 4 Juni 2013
Kategori:Air Minum

Kebutuhan Air bersih untuk kawasan wisata terpadu Mandalika Resort Kute Lombok Tengah tidak perlu khawatir, sebab Pemerintah melalui Balai Wilayah Sungai dengan memanfaatkan bantuan dana hibah JICA Jepang mulai tahun ini melaksanakan pembangunan proyek pengadaan air bersih dengan sistem perpipaan.


Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi NTB Dwi Sugianto menjelaskan bantuan dana hibah pemerintah Jepang melalui JICA senilai Rp 44 milyar nantinya akan mampu mengalirkan air bersih dari sumber mata air di wilayah Utara Lombok Tengah 100 liter perdetik khusus untuk kawasan Mandalika Resort.


Menurut Dwi Sugianto, penyaluran air bersih tersebut akan dilaksanakan dalam dua tahap untuk tahap pertama akan mampu disalurkan sekitar 60 liter per detik, dan akan ditambah sesuai dengan  perkembangan kawasan termasuk untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat di sekitar kawasan.


Menurut Kepala Dinas PU NTB Dwi Sugianto, untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat dan kawasan Pariwisata terpadu Mandalika Resort selain diambil dari sumber mata air di wilayah Utara di sekitar kawasan kaki Gunung Rinjani, juga akan dapat dipenuhi dari wilayah Timur kawasan.

 



Post Date : 05 Juni 2013