Baru 20% Penduduk Kabupaten Magelang Nikmati Air Bersih

Sumber:Suara Merdeka - 9 Juli 2013
Kategori:Air Minum

Karena terbatasnya dana untuk pengadaan sambungan air minum, sehingga PDAM hanya bisa meningkatkan pemenuhan kebutuhan air bersih untuk rumah tangga 0,01 persen/tahun.

"Secara keseluruhan, PDAM hanya bisa mencukupi 20 persen kebutuhan air minum untuk rumah tangga. Idealnya, minimal 60 persen," kata Bupati Magelang Ir H Singgih Sanyoto, Selasa (9/7).

Untuk penguatan modal, termasuk pengadaan sambungan jaringan air minum, Pemkab Magelang memberikan bantuan Rp 1 miliar. Tetapi karena laju pertumbuhan penduduk 0,03 persen/tahun, sehingga upaya itu tak sebanding.

Hari itu Bupati Singgih menerima secara simbolis proyek bantuan air bersih kerjasama antara GP Ansor Kabupaten Magelang dengan Gereja Yesus Kristus Orang-Orang Suci Zaman Akhir di Balai Desa Kradenan, Kecamatan Srumbung. Proyek dikerjakan selama tujuh bulan.

"Program kerja sama begini perlu digalakkan, untuk mendukung ketersediaan air bersih untuk masyarakat Kabupaten Magelang. Karena sangat bermanfaat bagi warga terdampak bencana letusan Gunung Merapi," katanya.



Post Date : 10 Juli 2013