Pemkab Rohul Beri Warga 4 Mesin Pengelolaan Air

Sumber:fokusriau.com - 19 Juni 2013
Kategori:Air Minum

Wakil Bupati Rohul, H Hafith Syukri, Selasa (18/6) menyerahkan bantuan berupa empat unit mesin pengelolaan air isi ulang program Satuan kerja Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PANSIMAS). Bantuan itu diberikan untuk empat Badan Pengelolaan Sistim Pengelolaan Air Minum dan Sanitasi (BP-SPAMS) di empat desa sekaligus.

Program tersebut merupakan program pertama PANSIMAS untuk BP-SPAMS yang diberikan kepada empat desa tersebut dan berlangsung di Rohul. Ini merupakan penghargaan bagi desa yang benar-benar menjalankan program PANSIMAS dengan baik. Diharapkan, program itu ke depan bisa memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat.

"Kita berikan penghargaan bagi empat desa, berupa mesin pengelolaan air isi ulang. Diharapkan kebutuhan air bersih masyarakat nantinya bisa terpenuhi dan sistem pengelolaannya akan dilakukan Badan Usaha Milik Desa (BUMdes) seperti di Desa Lubuk Kerapat," harap Hafith.

Hafith menilai, kebutuhan air bersih merupakan kebutuhan vital merupakan program prioritas Pemkab Rohul, karena sesuai pernyataan Dinas Kesehatan, 60 persen penyakit diakibatkan dari air, sehingga dengan adanya mesin pengelolaan air isi ulang bantuan APBD Rohul melalui Satker PANSIMAS, maka masyarakat akan bisa lebih baik lagi kesehatannya dan diharapkan menjaga aset secara berkelanjutan.

"Intinya, bagaimana bantuan yang sudah ada, secara berkala bisa dijaga, nantinya dibuat kerjasama dengan Dinas Kesehatan agar bisa meneliti secara berkelanjutan sehingga air yang dihasilkan seteril dan tidak terkontaminasi dalam pemenuhuan kebutuhan akan air bersih masyarakat," imbaunya.

Sementara Kepala Satker PANSIMAS, Zulkarnain menerangkan, program tersebut merupakan program 2012, bantuan itu hasil penilaian reward diberikan kepada empat desa yang dianggap layak dan benar-benar menjalankan program PANSIMAS sudah dilakukan di Rohul sejak tahun 2008 lalu hingga sekarang. 

Sementara Direktur BUMdes Berkah Mandiri, Asep Solehuddin menyebutkan, pengelola langsung air isi ulang bantuan Satker PANSIMAS Pemkab Rohul bersama masyarakat akan menjaga aset sudah diberikan tersebut. 

Selain menyerahkan bantuan mesin pengelolaan air isi ulang BP-SPAMS kepada empat desa tersebut, Hafith juga meresmikan pemanfaatan Kantor BUMDes Berkah Mandiri sekaligus menandatangani prasasti dan memantau pembangunan Kantor Desa Lubuk Kerapat. 



Post Date : 20 Juni 2013