NTT Bangun Tanggul Raksasa Atasi Banjir Benanain

Sumber:kompas.com - 18 Juli 2013
Kategori:Air Limbah

Sekretaris daerah (Sekda) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Frans Salem mengatakan hanya dua opsi yang bisa menyelesaikan bencana banjir Benanain yang melanda pemukiman penduduk setiap tahunnya, yakni membangun tanggul raksasa atau bendungan-bendungan kecil.

"Hanya ada dua opsi yang bisa menyelesaikan masalah banjir yang melanda Kabupaten Malaka," kata Frans Salem kepada wartawan, Kamis, 18 Juli 2013.

Benanain merupakan sungai terbesar yang membelah tiga kabupaten di Pulau Timor. Setiap musim hujan, sungai ini selalu meluap mengakibatkan 16 desa di Malaka Barat selalu tergenang banjir.

Pemerintah, menurut dia, pernah mengusulkan agar masyarakat di bantaran sungai Benanain direlokasi ke tempat yang lebih aman, namun ditolak masyarakat. "Tidak ada opsi untuk merelokasi penduduk, karena masyarakat menolaknya," kata Frans.

Dua opsi penyelesaian banjir Benanain ini, katanya, membutuhkan dana cukup besar. Saat ini di sepanjang bantaran sungai di wilayah Malaka Barat sudah tersedia tanggul yang dibangun sejak beberapa tahun lalu. "Hanya saja tanggul tersebut jebol sejak banjir bandang 2011 lalu, hingga kini belum diperbaiki," katanya.

Dia mengatakan, pemerintah daerah akan mengusulkan dua opsi ini ke pemerintah pusat untuk mengatasi banjir yang selalu melanda daerah itu, pada musim hujan. "Kami berharao pemerintah pusat menyetujui satu dari dua opsi yang ditawarkan," katanya.

Kepala BPBD NTT, Tini Thadeus mengatakan sampai saat ini banjir masih merendam ratusan rumah warga di daerah tersebut. Pasalnya banjir yang melanda Malaka Barat telah membentuk sungai baru yang membelah desa-desa di kecamatan itu. "Masih ada warga di tempat-tempat pengungsian," katanya.



Post Date : 18 Juli 2013