Air Sungai Tak Layak Dikonsumsi

Sumber:Koran Sindo - 23 April 2013
Kategori:Air Minum
SEMARANG– Air sungai di Kota Semarang mayoritas tidak layak dikonsumsi akibat tingginya pencemaran. Selain dicemari limbah pabrik dan domestik, sampah yang menumpuk ikut menurunkan kualitas air sungai.

Sejumlah sungai di Kota Semarang yang tercemar di antaranya, Kali Semarang, Kali Asin, Kali Banger, Kali Banjir Kanal Timur dan sejumlah sungai lainnya banyak tercemari sampah dan limbah. Pakar teknik lingkungan Undip, Ganjar Samudro mengatakan air dengan tingkat kesadahan tertentu seperti yang ada di sungai-sungai Kota Semarang, tidak layak untuk dikonsumsi.

“Bedakan saja tingkat kesadahan air di gunung dan air di sungai yang sudah tercemar. Di air gunung, nyaris tidak ada busanya, namun di sungai yang sudah banyak pencemarannya, akan sangat mudah muncul busa-busanya,” katanya. Sejumlah sungai yang ada di Kota Semarang, kata dia memiliki tingkat kesadahan tersendiri akibat adanya sampah, limbah rumah tangga, serta kandungan lainnya yang mengalir ke sungai.

Kabid Pompa Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air dan Energi Sumber Daya Mineral (PSDAESDM) Kota Semarang Sinung Tommy mengakui jika di beberapa titik pembuangan air pada sejumlah rumah pompa mudah sekali dijumpai busa-busa yang terbentuk pada air sungai. susilo himawan

Post Date : 23 April 2013