Pemkot Kendari Kembangkan Bank Sampah

Sumber:antaranews.com - 15 Juni 2013
Kategori:Sampah Luar Jakarta

Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) akan mengembangkan bank sampah ditiap-tiap kecamatan yang ada di kota itu.

Sekretaris Daerah Kota Kendari, Alamsyah Lotunani, di Kendari, Jumat mengatakan, untuk mengatasi persoalan sampah di Kendari memang menuntut keterlibatan seluruh pemangku kepentingan (stakeholder), termasuk masyarakat. 

"Salah satunya, penyediaan fasilitas pemilahan sampah (3R). Aktivitas ini bertujuan untuk mengambil manfaat ekonomi dari sampah. Implementasinya dapat dikelola dalam bentuk Bank Sampah di lingkungan sekitar tempat tinggal warga," kata mantan Kepala Bappeda Kendari ini. 

Dijelaskan, pengolahan sampah secanggih apapun di Tempat Pengolahan Akhir (TPA) akan berkurang efektifitasnya, jika sampah tidak dikelola sejak dari sumber. 

"Melalui Program 3R kita budayakan warga untuk melakukan pemilahan dan pengumpulan sampah, sehingga kandungan sampah yang masih mempunyai nilai manfaat dapat didayagunakan.

Menurutnya, pengembangan bank sampah akan menjadi salah satu ivovasi baru bagi pemkot dalam hal pengelolaan sampah di Kota Kendari sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan adipura kencana.

"Untuk mendapatkan adipura kencana, kita dituntut untuk melakukan beberapa inovasi dalam mengembangkan sesuatu yang baru terutama dalam hal penataan lingkungan," katanya.

Ia menjelaskan, beberapa daerah yang mendapatkan tropi adipura kencana karena mengembangkan bank sampah sebagai salah satu inovasi mengatasi masalah sampah.

"Sebenarnya kita sudah lama menganut konsep bank sampah, tetapi kita belum tonjolkan untuk menjadi titik pantau dalam penilaian adipura baru-baru ini," katanya.



Post Date : 17 Juni 2013