Hanya Setengah Penduduk RI yang Nikmati Air Bersih

Sumber:detik.com - 24 Desember 2013
Kategori:Air Minum

Hingga saat ini, tercatat baru 58% penduduk Indonesia yang mendapatkan fasilitas air bersih. Ini sangat disayangkan mengingat negara ini sebenarnya memiliki sumber daya air berlimpah.

"Sampai sekarang, baru sebanyak 58% untuk air bersih. Selebihnya yang digunakan bukan air bersih yang terlindungi," ungkap Deputi Sarana dan Prasarana Bappenas Dedy Priatna di kantor Bappenas, Jakarta, Selasa (24/12/2013).

Dedy menuturkan, ini merupakan akibat dari distribusi air yang tidak merata. Sehingga banyak wilayah yang tidak teraliri air bersih dengan baik. Di samping secara mendasar, daya tampung air yang sangat rendah.

"Kita ini berlimpah ruah air, walaupun sebenarnya tidak merata, jadi kalau hujan kita banjir dan kalau musim kemarau itu kering," ujarnya.

Selain itu, air untuk irigasi juga menjadi salah satu kendala di dalam negeri. Ini juga merupakan bagian dari distribusi yang seharusnya dilakukan. Akibatnya banyak sawah yang tidak teraliri air dan menjadi kekeringan.

"Jadi seperti sawah itu tidak ada air, jadi nggak panen," sebutnya.

Kasubdit Air Baku Irigasi dan Rawa Bappenas M. Zainal Fatah menjelaskan, pengaturan ketahanan air di dalam negeri masih sangat kurang. Terutama dalam mengefektifkan musim hujan.

"Untuk managerial secara penuh memang kurang, kita atur agar lebih efektif, itu kondisi yang memang berbeda, bulan basah yang cukup panjang, accessibility yang tidak bisa diatur memang ada harusnya," paparnya pada kesempatan yang sama.

Sedangkan untuk waduk yang dijadikan tempat penampungan air, menurut Fatah, belum bisa dioptimalkan sepenuhnya.

"Kita telah mendrong percepatan untuk mendorong percepatan. Bangun waduk itu tida cukup setahun atau dua tahun. Ya banyaklah masalahnya," pungkas Dedy.



Post Date : 27 Desember 2013