Kementerian PU akan Sediakan Air Bersih Jika Punya Angggaran Lebih

Sumber:tribunnews.com - 16 Mei 2013
Kategori:Air Minum

Kementerian Pekerjaan Umum rencananya akan menyediakan pelayanan air bersih di beberapa daerah di Indonesia yang mengalami kekurangan air.

Rencana tersebut bisa dilakukan jika Kementerian PU mendapatkan anggaran belanja lebih. "Kalau anggaran lebih yang kita usulkan diterima, nantinya untuk air minum," ujar Menteri PU Djoko Kirmanto, Kamis (16/5/2013).

Djoko menjelaskan saat ini banyak masyarakat Indonesia masih kekurangan air minum. Djoko mencontohkan untuk daerah nelayan yang sekarang kekeringan dan beberapa desa-desa terpencil.

"Desa-desa yang rawan air itu kita alokasikan, air minumnya kita penuhi. Nelayan yang kumuh-kumuh itu kita penuhi airnya," jelas Djoko.

Untuk merealisasikan program bantuan air bersih tersebut, PU membutuhkan anggaran Rp 3 triliun. Meski dalam pelaksanaannya anggaran dipotong, PU pun sudah mempersiapkan beberapa rencana selama program bantuan air bersih bisa berjalan.

"Jadi kalau besok dikasih duit kita sudah siap rencananya. Kalau dipotong juga sudah siap. Barusan saya juga sudah bicara kita udah dapat Rp 3 triliun sekian dari sisa tender. Nanti kita kurangi-kurangi dikit lah," papar Djoko.

 



Post Date : 17 Mei 2013