2015 Target Bebas BAB Sembarang

Sumber:sumeks.co.id - 19 Desember 2014
Kategori:Air Limbah

Pemerintah Kabupaten OKU Selatan melalui Badan Pencanaan Daerah menargetkan pada 2015 OKU Selatan bebas  buang air sembarang. Hal ini menyusul telah dirancangnya memorandum program sanitasi (MPS) yang dimulai dari dalam perkotaan. 

“Rancangan MPS sudah kita selesaikan dan kita targetkan lima tahun kedepan program ini tidak hanya dilingkup perkotaan tetapi juga menyentuh pedesaan, sehingga target kita OKU Selatan bebas dari BAB sebarang bisa dicapai," kata Kepala Badan Bappeda, Romzi, melalui Kabid Sarpraswil, Ir Nurdiansyah.

Program ini, kata Nurdiansyah,  untuk mendorong sanitasi perkotaan  agar lebih baik lagi. Tentu tujuan akhirnya agar  tidak ada lagi masyarakat yang buang air besar sembarangan. Disamping itu, program yang lebih terarah ini sebagai solusi untuk mengatasi persoalan sampah di wilayah perkotaan.

Lebih lanjut Nurdiansyah mengatakan, dokumen Memorandum Program Sanitasi(MPS) adalah suatu dokumen perencanaan yang berisi kebijakan dan strategi pembangunan sanitasi secara komprehensif.

Pada tingkat Kabupaten yang dimaksudkan untuk memberikan arah yang jelas, tegas dan menyeluruh bagi pembangunan sanitasi di Bumi Serasan Seandanan dengan tujuan agar pembangunan sanitasi dapat berlangsung secara sistematis, terintegrasi dan berkelanjutan. 

"Muaranya, untuk mencapai  sanitasi yang baik dengan target pencapaian 100 persen nol,"ujarnya.

Namun untuk mncapai taerget tersebut pihaknya membutuhkan dukungan dan kerjasama dengan seluruh stakehoulder terkait seperti Dinas Kesehatan, Dinas PU, Dinas Pendidikan, serta Kantor Lingkungan Hidup.“Kita optimis dengan rampungnya MPS ini di 2015 sudah bisa dilaksanakan program ini,”tukasnya. 



Post Date : 19 Desember 2014