Kemarau Menghadang, Air Bersih Menghilang

Sumber:jaringnews.com - 8 Juli 2013
Kategori:Air Minum

Kemarau berkepanjangan tentu akan menyulitkan warga dalam hal perolehan air bersih. Dan bila air bersih sulit didapat masyarakat khawatir akan serangan berbagai penyakit.

Ini terjadi di daerah bagian selatan Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Kalimantan Tengah khususnya Kecamatan Mentaya Hilir Selatan (MHS). Masyarakat di sini mulai mengkhawatirkan ketersediaan air bersih di wilayah itu. Sebab seperti yang diketahui hingga saat ini apabila musim kemarau melanda Kotim maka bagian selatan Kotim yang paling merasakan dampaknya yakni kesulitan dalam hal memperoleh air bersih.

"Meski baru awal memasuki musim kemarau, namun kami sudah khawatir akan hal ini apalagi apabila musim kemarau ini berkepanjangan tentu akan menyulitkan warga dalam hal perolehan air bersih," kata Camat MHS Jumberi di Samuda, (8/7).

Jumberi mengaku saat ini sudah ada beberapa wilayah selatan yang teraliri air PDAM di tahun ini, dan hal itu tentunya disambut positif oleh warga karena dinilai mampu mengatasi kekhawatiran ketersediaan air bersih. Hanya sayangnya, lanjut Jumberi baru ada sebagian wilayah saja yang sudah bisa menikmati fasilitas tersebut, sementara yang lainnya harus menunggu lokasinya mampu terjangkau aliran air dari PDAM.

Menanggapi hal itu, Bupati Kotim H Supian Hadi mengutarakan bahwa pihak Pemkab pun tengah berupaya mengatasi permasalahan-permasalahan seperti itu yang sering muncul pada musim kemarau tiba. Saat ini, Supian mengaku bersama dengan Sekretaris Daerah (Sekda) Kotim Putu Sudarsana akan mengupayakan dana ratusan miliar dari pusat untuk dapat mengatasi permasalahan itu.



Post Date : 09 Juli 2013